Datang Sebagai Tamu, Pulang Sebagai Keluarga, Kadisbudpar Babel Buka Festival Desa Wisata

avatar Visit Bangka Belitung
Visit Bangka Belitung

VISITBANGKABELITUNG.COM, TANJUNG PANDAN - Gubernur Kepulauan Bangka Belitung yang diwakili oleh Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Syaifuddin membuka secara resmi Festival Desa Wisata Nusantara 2021, Selasa (30/03/2021) di Ballroom BW Suite, Tanjung Pandan-Kabupaten Belitung. Festival Desa Wisata Nusantara 2021 mengambil tema "Harapan Besar Desa Wisata Sebagai Sokoguru Pembangunan Ekonomi Baik Regional maupun Nasional" dan dilaksanakan oleh DPC Masyarakat Sadar Wisata (MASATA) Belitung. Kegiatan ini bertujuan sebagai pemantik kebangkitan kepariwisataan Kepulauan Bangka Belitung.

Dalam sambutannya, Syaifuddin mengungkapkan bahwa pengembangan desa wisata harus memperhatikan aspek-aspek pengembangan produk seperti; Keaslian (Authencity), Tradisi Masyarakat Setempat (Local Tradition), Sikap dan Nilai (Attitudes and Values), dan Konservasi & Daya Dukung (Conservation and Carrying Capacity). "Saat ini, ada 49 desa wisata di Kepulauan Bangka Belitung, kita harapkan desa wisata mengambil posisi sebagai pembeda daya tarik wisata di suatu daerah karena keunikan dan kearifan budaya lokal yang dimiliki", ujar Syaifuddin.

Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dalam pelaksanaan program pengembangan desa wisata, selalu menekankan filosofi "Datang Sebagai Tamu, Pulang Sebagai Keluarga", karena masyarakat menjadi pelaku dalam hal pengelolaan sumber daya alam, budaya serta aktifitas ekonomi di desa. Diharapkan dalam pengelolaan tersebut, masyarakat memilki komitmen kuat agar kehidupan masyarakat lokal menjadi berkelanjutan.

Kegiatan festival ini dihadiri DPD MASATA seluruh Indonesia antara lain MASATA Kabupaten Buton beserta Wakil Bupati, MASATA Kabupaten Garut beserta Bupati, MASATA Kabupaten Penajam Paser Utara beserta Bupati, MASATA Kalimantan Timur beserta Kadispar, dan lain-lain. (GP)