Kadisbudpar Babel Ungkap Kebijakan Pemulihan Pariwisata di Seminar Nasional Festival Desa Wisata Nusantara 2021

avatar Visit Bangka Belitung
Visit Bangka Belitung

VISITBANGKABELITUNG.COM, TANJUNG PANDAN - Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Syaifuddin menjadi nara sumber dalam Seminar Nasional dan Focus Group Discussion (FGD) Festival Desa Wisata Nusantara 2021, Selasa (30/03/2021) di Ballroom BW Suite, Tanjung Pandan-Kabupaten Belitung. Seminar nasional dan FGD ini merupakan rangkaian kegiatan dari Festival Desa Wisata Nusantara 2012 dan sebagai bentuk aksi DPC Masyarakat Sadar Wisata (MASATA) Belitung untuk mengumpulkan stakeholder pariwisata agar dapat bersinergi dengan pemerintah dan masyarakat serta menyelesaikan masalah yang timbul di sektor pariwisata akibat pandemi Covid-19.

"Momentum perkembangan pariwisata Kepulauan Bangka Belitung dimulai dari viralnya novel Laskar Pelangi, yang kemudian memberikan dampak yang luar biasa bagi masyarakat Kepulauan Bangka Belitung. Pariwisata kita terbang tinggi sampai akhirnya pandemi Covid-19 muncul" ungkap Syaifuddin. 

"Kita mengharapkan program vaksinasi menjadi titik balik bangkitnya pariwisata Kepulauan Bangka Belitung, selain itu dukungan kita terhadap program sertifikasi CHSE (Cleanliness, Health, Safety, and Environmental Sustainability) adalah kebijakan recovery pariwisata agar wisatawan bisa berkunjung ke Kepulauan Bangka Belitung" ujar Syaifuddin.

Selain memprioritaskan protokol kesehatan, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Kepulauan Bangka Belitung telah berupaya melakukan program-program pemulihan di sektor pariwisata seperti; pelaksanaan promosi melalui media sosial, penyelenggaraan event-event dan terus bersinergi dengan pemerintah pusat terkait peningkatan sarana prasaran pariwisata dan kapasitas SDM pariwisata. (GP)