Dukung Pariwisata Berbasis Kehutanan, Pemprov Kolaborasi dengan BPSKL

avatar Agus Purnama
Agus Purnama
Peserta FGD
Peserta FGD "Dukungan Pariwisata Berbasis Kehutanan Sosial di Kabupaten Belitung" foto bersama . (foto : istimewa)

TANJUNG PANDAN – Guna mempercepat pemulihan sektor pariwisata yang hingga saat ini masih terdampak pandemi Covid-19 diperlukan kolaborasi antara Pemerintah selaku stakeholder dan seluruh elemen yang terkait sektor pembangunan pariwisata itu sendiri.

Kolaborasi ini, ditandai dengan kerja sama Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kepulauan Bangka Belitung (Babel) melalui Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Balai Pengembangan Pariwisata (BPP) wilayah Belitung Dinas Pariwisata, Kebudayaan, dan Kepemudaan Olahraga (Disparbudkepora) Babel dan Direktorat Jenderal (Dirjen) Perhutanan Sosial dan Kemitraan Lingkungan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia melalui Balai Perhutanan Sosial dan Kemitraan Lingkungan (BPSKL) Wilayah Sumatera menggelar kegiatan Focus Group Discussion  (FGD).

FGD mengusung tema “Dukungan Pariwisata Berbasis Kehutanan Sosial di Kabupaten Belitung” itu, dipusatkan di La Lucia Boutique Hotel, Tanjung Pandan Kabupaten Belitung Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Kamis (22/7/2021) lalu.

Kegiatan ini dibuka dengan sambutan singkat Kepala BPSKL, Afri Dwi Sumarah. “Mari kita bersama-sama tingkatkan daya saing ekonomi kawasan pariwisata di Pulau Belitung, terutama sekali yang berbasis wisata perhutanan sosial,” ajak Afri.

“Hutan sosial harus kita rancang sebaik mungkin melalui kearifan lokal yang melibatkan masyarakat di sekitar kawasan perhutanan sosial guna mendukung sektor pariwisata yang berkesinambungan,” tutur Afri.

Di kesempatan yang sama, Kepala Disparbudkepora Babel, Suharto yang diwakili Kepala UPTD BPP wilayah Belitung, Apri Yuliansyah mengatakan, “Kami Disparbudkepora Babel sangat mengapresiasi kegiatan yang diinisiasi oleh Balai Perhutanan Sosial dan Kemitraan Lingkungan wilayah Sumatera Dirjen PSKL Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI.

Dikatakan dia, kegiatan ini diharapkan dapat menjaga harapan kita bersama di sektor pariwisata, “Dengan adanya harapan, kita yakin dan percaya bahwa kita mampu bertahan. Kita harus optimis walaupun berada dalam kondisi yang sangat sulit saat ini, karena pandemi,” ungkapnya.

“Mari kolaborasi bersama, mari bangun komitmen bersama. Kami yakin dan percaya dengan komitmen dan bersinergi kita mampu bangkit bersama, “seru Apri.

Acara ini menghadirkan empat narasumber, yaitu Sekretaris Dinas Pariwisata Kabupaten Belitung, Anita, Pengelola Daya Tarik Wisata (DTW) Bukit Peramun, Adie Darmawan, Pengelola DTW Juru Seberang, Marwandi, dan Pengelola DTW Batu Bedil, Suhardi.

Penulis : Apri/Poer,  Fotografer : istimewa