Ini Prestasi, Dita Zulaika di Ajang Grand Final Putri Pariwisata Indonesia 2021

avatar Agus Purnama
Agus Purnama
Dita Zulaika Putri Pariwisata Indonesia Kepulauan Babel 2021 (foto : Istimewa/Yayasan EL JOHN Indonesia)
Dita Zulaika Putri Pariwisata Indonesia Kepulauan Babel 2021 (foto : Istimewa/Yayasan EL JOHN Indonesia)

PANGKALPINANG - Bertepatan dengan World Tourism Day atau Hari Pariwisata Dunia, 27 September 2021,  Yayasan EL JOHN Indonesia sukses melahirkan generasi baru dalam ajang pemilihan Putri Pariwisata Indonesia 2021.

Puncak kontes paling bergengsi di Indonesia  ini berlangsung semarak dengan menampilkan tata panggung bernuansa pariwisata Nusa Tenggara Timur (NTT), mulai dari wisata alamnya, hewan endemik Komodo dan tenun khas NTT.

Tak hanya itu, malam grand final  juga dimeriahkan dengan penampilan video Pariwisata yang digarap para finalis. Tahun ini,  pemilihan Putri Pariwisata Indonesia 2021 mengusung tema”Sustaining Tourism Growth For Indonesia” (berdiri bersama sebagai Indonesia dengan semangat pariwisata).

Dalam ajang pemilihan Putri Pariwisata Indonesia 2021 tersebut, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) patut berbangga. Pasalnya, finalis Putri Pariwisata Indonesia 2021, Dita Zulaika dara kelahiran Kota Pangkalpinang yang mewakili Babel di ajang tersebut, sukses meraih Gelar Miss Sport Tourism Indonesia 2021 (3rd Runner Up Putri Pariwisata Indonesia 2021).

Dita Zulaika meraih gelar sebagai Miss Sport Tourism Indonesia 2021 (3rd Runner Up Putri Pariwisata Indonesia 2021 ) pada malam puncak Grand Final yang digelar secara virtual dan disiarkan langsung oleh EL JOHN TV dan live streaming www.Eljon.Tv pada Senin (27/09/2021) malam lalu.

Dalam perjalanannya di malam grand final, Dita Zulaika sukses melaju ke sepuluh besar. Di babak sepuluh besar finalis yang lolos mendapat pertanyaan dari dewan juri. Setelah seluruh finalis menjawab, dewan juri harus memilih yang terbaik , dan akhirnya Dita Zulaika yang saat ini masih berstatus Mahasiswa semester 4 jurusan Public Relations Fakultas  Ilmu Komunikasi Universitas Esa Unggul Jakarta, kembali lolos ke Top Five (babak lima besar). 

Founder Yayasan EL JOHN Indonesia, Martinus Johnnie Sugiarto mengucapkan selamat serta apresiasi kepada pemenang  dan semua finalis yang ikut dalam kontes ini.

“Saya ucapkan terima kasih atas partisipasi anda untuk mengikuti event akbar ini. Menang atau kalah sesungguhnya anda telah menunjukan peran aktif anda sebagai finalis dan semuanya layak untuk menang sebagai seorang Putri Pariwisata Indonesia 2021 karena peran aktif anda selama mengikuti karantina telah banyak melakukan kegiatan positif mempromosikan pariwisata daerah yang anda wakili,” kata Johnnie yang merupakan Tokoh Pariwisata nasional ini.

Tak lupa dalam kesempatan ini, Johnnie juga menyampaikan ucapan  terima kasih kepada pihak-pihak yang mendukung terlaksananya pemilihan Putri Pariwisata Indonesia 2021 mulai dari masa karantina hingga grand final.

“Tentunya hal ini akan membantu Pemerintah khususnya Bangsa Indonesia untuk mempromosikan kepariwisataan Indonesia, menggali semua potensi destinasi wisata baik yang baru  maupun yang telah disiapkan  dan juga tentunya Putri-putri Pariwisata ini  kelak memiliki kompetensi yang tentunya sangat memberikan dukungan yang tinggi untuk mempromosikan destinasi wisata dan hasil industri ekonomi kreatif,” pungkas Johnnie.

Dikesempatan yang sama, Ketua Dewan Juri Putri Pariwisata Indonesia 2021,  Vinsensius Jemadu berpesan kepada pemenang maupun finalis untuk jalani tugas mengembangkan dan mempromosikan pariwisata dengan setulus hati.

Ada lima dewan juri yang memberikan penilaian kepada 34 finalis, mereka adalah Deputi Bidang Pengembangan Destinasi dan Infrastruktur Kemenparekraf, Vinsensius Jemadu, Ketua Civil servant (retired)  Ministry of Tourism Indonesia, Esthy Reko Astuty (anggota), Ketua Dekranasda NTT, Julie Laiskodat (anggota), Communication specialist LSPR Jakarta, Mamby Aruan (anggota), dan Putri Pariwisata Indonesia 2009, Andara Rainy Ayudini (anggota).

Selain itu,  juga ada juri kehormatan yang diisi Direktur Event Nasional dan Internasional Kemenparekraf  Republik Indonesia, Dessy Ruhati mewakili Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno sebagai ketua juri Kehormatan,  dan Founder Yayasan EL JOHN Indonesia, Martinus Johnnie Sugiarto sebagai anggota.

 

Penulis : Eva/Poer