10 Hari Pendaftaran, “Babel Run” Capai 1.000 Lebih Peserta

Pangkalpinang – Bagi yang berminat mengikuti lomba lari bertaraf nasional “Babel Run 2018” yang akan diselenggarakan pada 29 September 2018 mendatang, harus segera mendaftarkan diri. Pasalnya, baru 10 hari pendaftaran dibuka, julmlah peserta sudah melebihi angka 1.000.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Disbudpar Babel), Rivai mengatakan bahwa penyelenggaraan event sport tourism tidak sulit untuk mendapatkan animo yang besar dari masyarakat.

“Memang penyelenggaraan event sport tourism ini tergolong mudah menarik minat masyarakat. apalagi lomba lari sudah menjadi salah satu olahraga yang banyak digemari masyarakat kita. Dari yang muda hingga tua, semua bisa ikut. Animonya pasti besar sekali. Walau pun pelaksanaannya masih lama, tapi pendaftaran sudah hampir penuh,” kata Rivai yang ditemui di ruang kerjanya, kantor Disbudpar Babel, Air Itam, Pangkalpinang, Selasa (7/8/2018).

Diketahui oleh kedua nara hubung kegiatan “Babel Run 2018”, Anugerah Gusta Prima dan Rafiq Elzan bahwa hingga Senin (6/8), jumlah pendaftar mencapai 1.025 peserta.

“Kemarin kita lihat angka jumlah pesertanya sekitar 1.025, jam 11.39 WIB. Jumlah tersebut untuk 2 kategori, 842 orang untuk 10K dan 183 orang untuk yang half marathon atau 21K. Sementara quota berjumlah 1.500,” kata Anugerah.

Kepala Bidang Pemasaran Pariwisata, Arie Primajaya menjelaskan bahwa “Babel Run” semula bernama “Babel 10K”, dimana tahun ini adalah tahun kedua kali diselenggarakan. Perubahan nama juga disebabkan adanya peningkatan jumlah peserta dan kategori, mengingat animo yang sangat besar pada penyelenggaraan “Babel 10K” tahun lalu.

“Tahun lalu, peserta sudah penuh, masih banyak orang yang datang mau daftar langsung. Karena respon masyarakatnya mendukung, maka tahun ini kita tambah quota pesertanya jadi 1.500. Kategori dan kelasnya juga kita tambah, tidak hanya 10k tapi juga 21k atau half marathon. Jadi namanya ga bisa “Babel 10K” lagi,” jelas Arie

Arie juga mengatakan “Babel Run” tidak hanya diminati oleh masyarakat Bangka Belitung, tapi juga masyarakat luar Bangka Belitung atau wisatawan.

“Babel Run ini tidak hanya ditunggu-tunggu oleh masyarakat kita, tapi juga masyarakat luar Bangka Belitung. Terbukti, belum genap sebulan pendaftaran dibuka, jumlah peserta sudah hampir memenuhi quota,” katanya.

Menurut Arie, besarnya animo masyarakat, menjadikan perhelatan “Babel Run 2018” sebagai upaya dalam rangka meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan. Disamping berolahraga, para peserta juga dapat menikmati pesona alam atau potensi wisata Bangka Belitung

“Animo ini bukan hanya datang dari masyarakat Bangka Belitung sendiri. Bagi mereka yang sudah sering mengikuti lomba lari di Nusantara, “Babel Run” kemungkinan juga akan masuk dalam daftar kegiatan mereka. Jadi event ini memang diminati tidak hanya masyarakat Bangka Belitung, tapi juga luar Bangka Belitung. Ikut “Babel Run”, lomba lari sambil menikmati pariwisata Bangka Belitung,” kata Arie.

Untuk mempermudah para calon peserta, pendaftaran dibuka secara online di www.babelrun.com. Panitia juga menyediakan 2 nara hubung untuk membantu para calon peserta, yakni Anugrah Gusta Prima (0853.8208.9911) dan Rafiq Elzan (081995.222223).

 

 

Penulis                   : Ernawati Arif (Pranata Humas)

Foto                        : Rafiq Elzan