1.000 Pelari Dapatkan Medali Finisher

 

Pangkalpinang – 1.000 pelari ajang sport tourism BabelRun 2018 mendapatkan medali finisher. Hal ini merupakan suatu bentuk apresiasi partisipasi bagi 1.000 pelari pertama yang telah  menyelesainya rute, di garis finish Jembatan Emas, Pangkalpinang, Sabtu (29/9/2018).

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Disbudpar Babel), Rivai merasa bangga dan senang bahwa BabelRun dapat terselenggara dengan sukses.

“Kita semua senang melihat animo dan semangat para peserta. Suasananya sangat nyaman olahraga lari di pagi hari dan berakhir di objek wisata ikonik Bangka Belitung, Jembatan Emas dan juga Pantai Kuala,” kata Rivai yang berada di lokasi finish.

Rivai juga mengatakan bahwa olahraga lari diminati oleh banyak orang. Sehingga event BablRun dan sejenisnya dapat menjadi alternatif untuk menggaet wisatawan.

“Olahraga lari ini kan banyak peminatnya di Indonesia. Saat ini, sudah banyak daerah-daerah di Indonesia yang melaksanakan event serupa dalam rangka menarik wisatawan. jadi, bisa dikatakan sebagai salah satu cara atau alternatif yang efektif untuk menggaet wisatawan. tinggal diolah dengan tepat dan menarik,” katanya.

Menurut Rivai sebagai provinsi muda dengan aset pariwisata yang potensial, Bangka Belitung harus menggunakan cara yang tepat, sesuai zamannya, dan menarik dalam mempromosikan pariwisatanya.

“Daerh kita ini sangat kaya, unik, dan menarik. Pun begitu, kita tetap harus memikirkan cara yang atau inovasi yang tepat, serta sesuai dengan trend-nya dalam hal promosi. Tidak semua cara bisa berhasil dalam sebuah upaya promosi. Harus dipahami agar mendapatkan hasil yang diinginkan,” tuturnya.

Rivai menambahkan bahwa BabelRun tidak hanya sebagai media promosi pariwisata tapi sejatinya untuk membangkitakan kembali semangat para atlet.

“Kalau untuk mempromosikan pariwisata kita, jelas. Tapi sejatinya, BabelRun diselenggarakan untuk membangkitkan kembali semangat dan kreativitas para atlet kita,” tambahnya.

Kepala Bidang Pemasaran Pariwisata, Arie Primajaya merasa senang karena penyelenggaraan babelRun diterima baik oleh masyarakat.

“Senang sekali melihat tidak hanya peserta yang bersemangat. Masyarakat juga ikut merasakan animonya. Mereka juga senang, ada event seperti ini yang diadakan di daerah mereka,” kata Arie.

Arie mengatakan event sport tourism, khususnya lomba lari marak digiatkan di sejumlah daerah dalam rangka mempromosikan pariwisata.

“Memang sekarang ini trennya sport tourism, karena event seperti ini mudah menghimpun massa dalam jumlah yang banyak. Dan sudah banyak digiatkan di sejumlah daerah yang mau mempromosikan pariwisata daerahnya,” katanya.

Arie berharap, selain BabelRun akan ada event-event pariwisata besar lainnya yang diselenggarakan untuk menarik wisatawan.

“Ya, kita berharap akan ada event-event besar pariwisata lainnya, yang diselenggarakan untuk menarik minat wisatawan. Kita harus inovatif dan kreatif agar benar-benar jadi event yang menarik bagi wisatawan,” harapnya.

 

Penulis   : Ernawati Arif (Pranata Humas Disbudpar Babel)

Foto        : Rafiq Elzan