14 Finalis Puteri Pariwisata Babel Mulai Masuki Masa Karantina

Sungailiat, Bangka - 14 finalis pemilihan Putri Pariwisata Daerah Indonesia Provinsi Kepulauan Bangka Belitung 2019 mulai memasuki masa karantina, di Parai Beach Resort & Spa, Sungailiat, Bangka, Rabu (10/4/2019).

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Disbudpar Babel), Rivai mengatakan bahwa ajang ini merupakan salah satu cara generasi muda berpartisipasi dalam pembangunan kepariwisataan.

“Ajang-ajang seperti ini menjadi media bagi generasi muda kita, khususnya remaja putri di Bangka Belitung dalam rangka pembentukan jati diri dan mengambil perannya dalam pembanguna kepariwisataan, seauai dengan kapasitasnya,” kata Rivai yang ditemui usai pembukaan.

Rivai mengharapkan bahwa para finalis dapat memahami kepariwisataan Bangka Belitung secara mendalam.

“Saya berharap para finalis ini bukan hanya sekedar ajang mencari nama saja, tapi sebagai seorang Putri Pariwisata harus memahami kepariwisataan daerahnya sendiri secara mendalam, bukan sekedar tahu saja,” harapnya.

Founder Yayasan El John Indonesia, Johnnie Sugiarto selaku event organizer mengatakan agar para finalis dapat memberikan yang terbaik, tidak hanya selama masa karantina.

“Dari 14 finalis memang hanya akan ada satu Putri Pariwisata Indonesi Daerah Bangka Belitung. Kemenangan bukan karena ada yang kalah atau dengan mengalahkan orang lain. Tapi kemenangan karena kita sudah memberikan yang terbaik,” kata Johnnie di kesempatan yang sama.

Sementara Kepala Bidang Sumber Daya Pariwisata, Ekonomi Kreatif dan Kelembagaan Kepariwisataan, Disbudpar Babel Darnis Rachmiyati menginginkan agar para finalis tetap berkarya meskipun tidak menjadi pemenang.

“Kita ingin mereka semua, walau pun nanti tidak semuanya menang, tapi tetap lah berkarya dalam hal-hal yang positif. Ada banyak hal di industri kepariwisataan ini yang bisa dilakoni oleh generasi muda. Apalagi didukung teknologi canggih,” kata Darnis.

Ardhelia Putri Salsabila (18), finalis asal Belitung Timur mengakui bahwa ketertarikannya terhadap pariwisata menjadi motivasi mengikuti ajang ini.

“Saya ikut ajang ini karena ingin tahu lebih banyak lagi tentang pariwisata Bangka Belitung. Selain kuliah, saya juga jadi guide. Dengan ikut ajang ini, pengennya lebih berkembang lagi dari sekarang,” kata Ardhel.

Para finalis akan menjalani masa karantina hingga menjelang malam grand final yang akan digelar pada Sabtu Malam, 13 April mendatang. Selama masa karantina, para finalis akan mengikuti serangkaian kegiatan yang telah digendakan panitia, mulai dari fotoshoot, pembekalan materi, beauty class, talent show, dan kegiatan lainnya.

Penulis: Ernawati Arif

Foto: Syahrial