15 Juni 2019, Lebarannya Para Penggemar Sungailiat Triathlon

Visitbangkabelitung.com – Pemerintah Kabupaten Bangka siap gelar Sungailiat Triathlon 2019, pada 15 Juni mendatang, di Pantai Tanjung Pesona, Sungailiat, Bangka. Bupati Bangka, Mulkan mengatakan ini merupakan suatu daya tarik yang besar bagi kepariwisataan Bangka Belitung, khususnya di Kabupaten Bangka

“Sungailiat Triathlon ini sudah diselenggarakan sejak 2013, jadi tahun ini adalah yang ke-7. Sungailiat Triathlon ini event sport tourism bertaraf internasional yang pesertanya bukan hanya dari Indonesia saja, tapi juga mancanegara. Jadi, Sungailiat Triathlon memang sudah menjadi daya tarik wisata di Kabupaten Bangka,” kata Mulkan yang hadir dalam acara peluncuran Sungailiat Triathlon 2019, di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona, Kementerian Pariwisata, Jakarta Pusat.

Menurut Mulkan, kesuksesan Sungailiat Triathlon dapat menjadi inspirasi untuk menciptakan event kepariwisataan lainnya.

“Sungailiat Triathlon ini dari tahun ke tahun selalu sukses, selalu ramai. Beberapa kali juga ada public figure yang ikut. Mudah-mudahan, Sungailiat Triathlon dapat menjadi inspirasi baik bagi Kabupaten Bangka sendiri dan juga bagi kabupaten/kota lainnya, agar sama-sama kita dapat menciptakan event-event pariwisata yang menarik lainnya,” katanya.

Turut hadir dalam acara peluncuran Sungailiat Triathlon 2019, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Disbudpar Babel), Rivai juga berharap Bangka Belitung memiliki lebih banyak event besar pariwisata.

“Sungailiat Triathlon dan Bangka Culture Wave Festival, dua event pariwisata yang memiliki keunikannya masing-masing. Keunikan ini kita harap dapat menggaet ketertarikan wisatawan untuk berkunjung ke Bangka Belitung. Mudah-mudahan kedepan akan ada banyak lagi event-event besar kepariwisataan baik dari Bangka dan juga Belitung,” harap Rivai.

Rivai menambahkan bahwa ajang sport tourism merupakan ajang menghimpun wisatawan yang mudah.

Sport tourism atau kegiatan olahraga sambil berwisata memiliki peminat yang banyak sekali. Apalagi zaman sekarang ini orang-orang sudah lebih peduli dengan kesehatan. Maka ajang-ajang seperti ini sudap pasti sukses penyelenggaraannya. Tinggal bagaimana kita mengelolanya berkaitan dengan kepariwisataan,” tambahnya.

3 kategori yang dilombakan dalam Sungailiat Triathlon 2019, yakni Long Distance (1,9 km renang, 90 km sepeda, 21,1 km lari), Standart Distance (1,5 km renang, 40 km sepeda, 10 km lari), dan Sprint (750 m renang, 20 km sepeda, 5 km lari).

Para peserta akan mengikuti rute yang melewati sejumlah obyek wisata yang ada di Kabupaten Bangka, seperti Pantai Tanjung Pesona, Puri Tri Agung dan Pantai Air Anyir serta Pantai Teluk Uber.

 

Penulis   : Ernawati Arif

Foto        : lariku.info