The 23rd IMT-GT Ministerial Meeting and Related Meeting Kekhasan Bangka Belitung Manjakan Tiga Negara

 

 

www.visitbangkabelitung.com – Kekhasan seni budaya Bangka Belitung turut dihadirkan pada penyelenggaraan 23rd IMT-GT Ministerial Meeting and Related Meeting melalui penampilan seni musik dambus yang dibawakan oleh Sanggar Kembang Pelawan Desa Nameng Kabupaten Bangka Tengah. Sebagaimana yang diketahui, tahun ini Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mendapat kehormatan sebagai tuan rumah dari pertemuan kerjasama tahunan dari tiga negara, yakni Indonesia, Malaysia, dan Thailand.

Sanggar yang dipimpin oleh Kusyadi Ab ini membawakan beberapa musik khas Bangka Belitung dengan alunan yang cenderung santai. Sukardi, perwakilan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Disbudpar Babel) mengatakan bahwa para delegasi dari negara tetangga merespon baik terhadap musik yang dimainkan.

“Musik dambus ini dimainkan mulai dari pagi hari sampai agenda yang dijadwalkan dimulai. Sehingga tidak mengganggu acara utama yang sedang berlangsung. Biasanya mereka, delegasi-delagasi yang dari Malaysia, Thailand, bahkan Indonesia pun menikmati alunan musik ketika sarapan atau sebelum menghadiri acara,” kata Sukardi.

Sebelum tampil di venue, yakni lobi Hotel Novotel Bangka, Bangka Tengah, para pemain musik dambus telah menjalani sejumlah latihan dan gladi bersih. Arrangement musik pun telah disesuaikan dengan karakter para tamu yang akan hadir, agar tetap merasa nyaman.

Alunan musik yang dibawakan, tambah Sukardi, disesuaikan dengan kebutuhan yang ada. Jangan sampai mengganggu pada saat acara utama sedang berlangsung. cukup bersifat menghibur dan dimainkan pada waktu yang pas, tepatnya sebelum memulai acara utama.

Selain musik dambus, Disbudpar Babel juga menyediakan stan Tourism Information Centre, dimana para tamu bisa mendapatkan informasi kepariwisata yang ada di Bangka Belitung. Berbagai produk informasi, seperti leaflet, booklet, compact disc, hingga buku kepariwisataan tersedia. Disamping itu, para tamu juga dapat memperoleh penjelasan informasi kepariwisataan dari dua orang petugas yang ada di stan tersebut.

Untuk menambah kesan manis, dua orang mantan finalis Puteri Pariwisata Babel juga turut dilibatkan dalam penyambutan tamu di Bandar Udara Depati Amir, Pangkalpinang. Selain itu, acara penyambutan juga disuguhi penampilan tarian kreasi khas Melayu dengan beberapa pengiring musik.

Sejumlah bentuk dukungan lainnya, antara lain Rampak Bedug Brimob Tanjung Gunung, Barongsai, souvenir, pertunjukan seni Rudat, pasangan Bujang Dayang Babel, dan lain sebagainya.

 

Penulis           : Ernawati Arif

Editor              : Yuliarsih

Updater          : Rafiq Elzan

Dokumentasi : Rafiq Elzan

Sumber: 
Disbudpar Prov. Kep. Babel