The 23rd IMT-GT Ministerial Meeting and Related Meeting Single Tourist Destination, Tiga Negara Dalam Satu Paket

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

www.visitbangkabelitung.com – Kolaborasi kerjasama IMT-GT (Indonesia – Malaysia – Thailand Growth Triangle) ke-23 menggagas Single Tourist Destination, yakni paket wisata yang memungkinkan para wisatawan dapat mengunjungi ketiga negara IMT-GT sekaligus hanya dalam satu paket. Sehingga paket wisata ini akan bernilai praktis dan juga menarik bagi wisatawan.

Rizal Affandi Lukman, Deputi Bidang Koordinasi Kerjasama Ekonomi Internasional, Kementerian Koordinator Perekonomian selaku senior officials of Indonesia mengatakan bahwa untuk mendorong Single Tourist Destination terdapat sejumlah hal yang harus dilakukan agar dapat memberikan kemudahan bagi wisatawan.

“Jadi selama ini turis hanya datang ke salah satu negara seperti Indonesia, Malaysia, atau Thailand saja. Namun dengan kolaborasi IMT-GT ini mereka menggagas Single Tourist Destination, sehingga turis bisa datang ketiga negara sekaligus dalam satu paket wisata. Untuk itu maka akan dilakukan marketing bersama, akan dilakukan inventarisasi baik itu perhubungan udara mau pun lewat jalur laut,” kata Rizal saat ditemui usai pertemuan 24th Senior Officials’ Meeting, di Hotel Novotel Bangka, Bangka Tengah, Rabu (27/9/2017).

JBC (Joint Business Council) yang diketuai oleh Datok Faudzi Naim Haji Noh menyarankan agar perihal visa bagi wisatawan yang bukan berasal dari ASEAN dapat diakomodir dalam kerjasama ini. Sehingga dapat mempermudah para wisatawan yang akan datang ke tiga wilayah IMT-GT.

24th Senior Officials’ Meeting merupakan agenda lanjutan hari kedua dalam rangkaian pertemuan tingkat menteri, yakni The 23rd IMT-GT Ministerial Meeting and Related Meeting yang berlangsung sejak 26 hingga 29 September 2017. Pada level senior officials ini juga dihadiri oleh Datok Saiful Anuar Lebai Hussen (senior official of Malaysia), dan Pattama Teanravisitsagool (senior official of Thailand). Dari forum ini Rizal menyampaikan rasa optimisnya terhadap dampak manfaat dari sektor pariwisata.

“Kita berpendapat, berkeyakinan bahwa sektor pariwisata ini merupakan sektor yang promising, yang dapat ditawarkan, serta yang dapat memberikan manfaat yang luas bagi masyarakat di wilayah IMT GT,” pungkas Rizal.

 

Penulis           : Ernawati Arif

Editor              : Yuliarsih

Updater          : Rafiq Elzan

Dokumentasi : Ernawati Arif