400 Personil Komunitas Motor Direncanakan Touring ke Belinyu

Pangkalpinang – Gubernur rencanakan ±400 personil dari komunitas motor akan touring ke Kecamatan Belinyu, Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Demikian dikatakan Rivai, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Kepulauan Bangka Belitung saat diwawancara terkait kunjungan Gubernur ke Kecamatan Belinyu Senin (15/1) lalu.

“Gubernur mengatakan akan ada sekitar 400 personil dari komunitas motor yang akan touring ke Belinyu. 400 ini baru personil komunitas motornya saja, belum termasuk kalau mereka membawa serta anggota keluarganya,” kata Rivai yang ditemui di ruang kerjanya, Selasa (16/1).

Kehadiran komunitas motor ini diharapkan dapat menghidupkan pariwisata dan perekonomian Kecamatan Belinyu. “Touring ini diperkirakan bulan Maret atau April mendatang. Pintu masuk utamanya Kota Pangkalpinang. Kemudian mereka akan menginap di Belinyu,” kata Rivai.

Upaya menghadirkan komunitas motor ini dalam rangka memperkenalkan dan mempromosikan potensi wisata yang ada di Belinyu. Dengan peninjauan yang telah dilaksanakan Gubernur didampingi sejumlah OPD terkait, memberikan ulasan potensi apa saja yang dapat dikembangkan di Belinyu.

Sejumlah potensi di Belinyu yang telah ditinjau Gubernur Babel bersama jajarannya menitikberatkan pada pengembangan UMKM. Hal ini dikarenakan akan memberikan pengaruh pada penerimaan wisatawan yang berkunjung ke Belinyu.

“Kemarin Gubernur beserta rombongan mengunjungi beberapa lokasi, mulai dari Desa Pesaren membahas abrasi sekaligus meninjau penyiapan pelayanan KB Kesehatan oleh Dinas Kesehatan dan BKKBN Babel. Kemudian, ke Desa Pejem meninjau tambak udang Ko Aho, dialog dengan para pelaku UMKM di Kafe Vina, meninjau aset Timah dan pabrik granit,” tutur Rivai.

Dari peninjauan sejumlah lokasi kunjungan membuktikan bahwa Kecamatan Belinyu berpotensi terkait pengembangan UMKM dan pariwisata. Sebelum Belinyu, Kota Muntok, Bangka Barat juga telah dilakukan peninjauan terkait potensi heritage yang perlu dikembangkan. Sama halnya dengan Belinyu, potensi yang ada perlu dikembangkan agar dapat mendukung perekonomian masyarakat setempat dan sekitarnya.

Penulis    : Ernawati Arif (Prahum Disbudpar Babel)

Foto         : FB Yudi Kudok

Updater   : Rafiq Elzan