Babel Berpotensi Kembangkan Marine Geopark

Pangkalpinang – Indonesia sebagai negara kepulauan memiliki lautan yang luas dan dikenal indah, hingga kini belum memiliki marine geopark. Kepulauan Bangka Belitung sebagai salah satu daerah kepulauan di Indonesia memiliki potensi kuat untuk menghadirkan marine geopark sebagai pengembangan potensi pariwisata.

Terkait hal itu, tim ahli UBB (Universitas Bangka Belitung) membuat sebuah rancangan Bangka Belitung Marine Geopark yang telah dipaparkan kepada Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, di Ruang Tanjung Pendam, Selasa (16/1) lalu.

Tim UBB diketuai oleh Agus Suhartoko, yakni Wakil Rektor UBB dengan anggota, antara lain Eddy Jajang J Atmajaya, Irvani, dan Ghiri Basuki. Agus mengatakan bahwa pihaknya sudah sejak lama menyiapkan konsep marine geopark dengan meninjau berbagai potensi yang dimiliki Bangka Belitung.

“Dengan potensi yang dimiliki Babel, sangat tepat untuk dikembangkan sebagai marine geopark. Selain itu, hal ini juga didukung dengan adanya wisata dengan konseop eko wisata di Babel,” kata Agus.

Disamping itu Agus juga mengatakan bahwa saat ini Indonesia belum memiliki marine geopark. Bangka Belitung dapat menjadi pelopor jika marine geopark ini direalisasikan.

“Saat ini yang ada di Indonesia, UNESCO Global Geopark dan National Geopark, tapi Marine Geopark belum ada. Kalau ini jadi dikembangkan di Bangka Belitung, maka Babel menjadi pelopor dan satu-satunya provinsi yang memiliki marine geopark,” tutur Agus.

Menurut Kepala Bidang Destinasi Pariwisata Disbudpar Babel, Rusni Budiati yang turut hadir dalam pemaparan tersebut mengatakan bahwa pendataan awal sangat dibutuhkan dalam sebuah perencanaan marine geopark.

“Ini baru pendataan awal yang bersifat umum dan spesifik. Data ini dibutuhkan untuk pengembangan selanjutnya,” kata Rusni.

Sementara Gubernur Kepulauan Bangka Belitung memberikan apreasiasi atas konsep marine geopark yang dipaparkan Agus dan ketiga narasumber lainnya. Untuk itu, Gubernur Kepulauan Bangka Belitung meminta pengembangan konsep yang lebih menarik agar diminati wisatawan.

Materi rancangan marine geopark memaparkan pengertian dasar geopark, geopark yang ada di Indonesia, pilar pengembangan geopark, konsep dasar geopark, tahapan pengembangan geopark, hingga hasil tinjauan ke sejumlah potensi geopark di Pulau Bangka dan Pulau Belitung. Selain Disbudpar Babel, turut hadir perwakilan Dinas ESDM Babel dan juga UBB.

 

Penulis      : Ernawati Arif (Prahum Disbudpar Babel)

Foto           : Rafiq Elzan 

Updater     : Rafiq Elzan