Babelrun 2018, Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Direncanakan Ikuti Kelas 10k

Pangkalpinang – Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Erzaldi Rosman direncanakan akan mengikuti kelas 10k dalam event sport tourism “Babelrun 2018” pada 29 September mendatang.

Hal ini disampaikan Kepala Bidang Pemasaran Pariwisata, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Disbudpar Babel), Arie Primajaya pada rapat pemantapan Babelrun, di ruang kerja Kepala Disbudpar Babel, Pangkalpinang, Senin (24/9/2018).

Dalam rapat ini, Arie kembali menjelaskan dan merinci rute yang akan dilalui para peserta dan juga sejumlah persiapan penting lainnya, seperti pengaturan arus lalu lintas, pengamanan, ambulans, dan water station.

Arie memberikan rincian rute untuk kedua kelas dalam lomba, yakni kelas 10k dan 21k (half marathon).

“Untuk 10k, dari start (Bhayangkara Park) para peserta menuju putaran depan kantor PU Babel (putar balik) – pertigaan Bandar Udara Depati Amir Pangkalpinang – Jalan Alexander – Citraland Botanical City – Jembatan Emas,” rinci Arie.

Arie juga memberikan rincian rute untuk kelas 21k yang terdapat sedikit perbedaan namun tetap sama tujuan finish-nya, yakni Jembatan Emas.

“Kalau untuk yang 21k, start-nya sama di Bhay Park – Badan Diklat Babel – Gerbang Perkantoran Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (putar balik) – Kantor Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, belok kanan – DPRD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung – SMP Negeri 10 Pangkalpinang – Tanjung Bunga – Pantai Pasir Padi – Neptune Restaurant – Balitong Resort – BBG, keluar di pintu keluar lama BBG – Perempatan, belok kiri – Citraland Botanical City – sebelum SPBU, putar balik – Jembatan Emas,” rincinya.

Tidak hanya itu saja, Arie juga mengatakan bahwa pihak penyelenggara akan menyediakan water station bagi para peserta, yang akan ditempatkan di beberapa titik lokasi.

“Untuk para peserta juga nanti akan disediakan water station. Di kelas 10k ada 3 water station, dan untuk kelas 21k ada 7 water station,” katanya.

Sementara kehadiran GenPI Babel, tidak hanya mempromosikan event Babelrun tapi juga ikut membantu dalam pelaksanaanya.

Ketua GenPI Babel, Iman Taufik menjelaskan bahwa GenPI akan membantu dalam beberapa hal untuk ikut mensukseskan Babelrun.

“Tugas utama kita tentu saja mempromosikan event ini melalui media sosial. Promosinya dibagi menjadi 3 bagian, yakni pra event, on event, dan pasca event,” jelas Iman.

Disamping itu, GenPI Babel juga membantu panitia penyelenggara dalam hal acara, hiburan, dan administrasi.

“Kita juga nanti sebagai panitia pembantu pelaksana event. Kita sudah siapkan untuk di acara, hiburan, dan lain-lainnya. Tim inti GenPI juga kita siapkan di bagian administrasi peserta,” katanya.

Bagi para pelaku UMKM juga akan terbantu dengan rencana GenPI yang akan menyediakan 8 tenda stan sebagai tempat memperkenalkan produknya.

“Kita juga akan siapkan 8 kavling tenda stan bagi para pelaku UMKM yang mau ikut menjajakan usahanya. Masing-masing stan ukurannya 5 x 6 meter,” tambahnya.

Sementara Dinas Perhubungan dan Kepolisian Daerah Babel juga telah mempersiapkan pengaturan arus lalu lintas serta pengamanan. Dinas PUPR juga akan mempersiapkan operasional Jembatan Emas dan daya listrik yang akan digunakan untuk acara di garis finish.

Penulis   : Ernawati Arif (Prahum Disbudpar Babel)

Foto        : Ernawati Arif