Culture and Tourism Office

DINAS KEBUDAYAAN DAN PARIWISATA

PROVINSI KEPULAUAN BANGKA BELITUNG

Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Disbudpar Babel) dibentuk pada tahun 2008 berdasarkan Peraturan Daerah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Nomor 6 Tahun 2008 Tentang Organisasi dan Tata Kerja Dinas Daerah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Sebelumnya, urusan kebudayaan ditangani oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan sementara urusan pariwisata dikelola oleh Dinas Perhubungan dan Pariwisata.
 
Berdasarkan Peraturan Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Nomor 56 Tahun 2008,  Tugas Pokok Disbudpar adalah melaksanakan kewenangan desentralisasi, tugas dekonsentrasi dan tugas pembantuan di bidang kebudayaan dan pariwisata, sedangkan fungsinya adalah penyelenggaraan penyusunan program di bidang kebudayaan dan pariwisata sesuai dengan rencana strategis Pemerintah Daerah; pelaksanaan perumusan kebijakan teknis di bidang kebudayaan dan pariwisata; penyelenggaraan pelayanan umum; penyelenggaraan pembinaan kegiatan di bidang kebudayaan dan pariwisata; penyelenggaraan pemfasilitasi penyelenggaraan kebudayaan dan pariwisata Pemerintah Kabupaten/Kota; penyelenggaraan pemberdayaan sumberdaya aparatur mitra kerja dan masyarakat di bidang kebudayaan dan pariwisata; dan penyelenggaraan pelaksanaan pengelolaan permuseuman dan kesenian daerah.
 
Untuk mendukung dan mewujudkan Visi Kepulauan Bangka Belitung dan program-program yang sedang dilaksanakan, maka Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Kepulauan Bangka Belitung telah menetapkan visi 2012 - 2017, yaitu:
“TERWUJUDNYA DINAS KEBUDAYAAN DAN PARIWISATA YANG PROFESIONAL DAN ANDAL DALAM MENDUKUNG TERCAPAINYA PROVINSI KEPULAUAN BANGKA BELITUNG SEBAGAI DESTINASI PARIWISATA INTERNASIONAL YANG BERBASIS BUDAYA BAHARI DAN BERKELANJUTAN”
Visi tersebut dijabarkan menjadi misi-misi sebagai berikut:
Misi 1 : Merumuskan, melaksanakan kebijakan; Pembinaan dan pengembangan; memelihara, menyiapkan instrumen dan mengawasi serta mengevaluasi bidang seni dan budaya untuk perlindungan, pengembangan, dan pemanfaatan kekayaan dan keragaman budaya kepada pemangku kepentingan seni budaya.
Misi 2 : Mengembangkan destinasi pariwisata yang berkelanjutan dan industri pariwisata yang berdaya saing, kepada seluruh pemangku kepentingan kepariwisataan.
Misi 3 : Melaksanakan, menganalisis, menyediakan bahan dan informasi promosi dan pemasaran untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas pemasaran kebudayaan dan pariwisata kepada calon wisnu dan wisman.
Misi 4 : Mengkoordinasi urusan pelatihan kebudayaan dan pariwisata; ketenagakerjaan; kelembagaan; penelitian, pengembangan dan terapan untuk meningkatkan kapasitas SDM dan sinergi antar pemangku kepentingan Kebudayaan dan Pariwisata kepada pelaku kebudayaan dan pariwisata
Misi 5 Merumuskan kebijakan perencanaan, pengendalian, monitoring, evaluasi, dan pelaporan bidang Kebudayaan dan Pariwisata untuk meningkatkan koordinasi, sinkronisasi, sinergitas perencanaan, pengendalian, monitoring, evaluasi dan pelaporan antar bidang dan antar Kabupaten/Kota kepada bidang, Kementerian dan Lembaga, dan Kabupaten/Kota
Misi 6 Mengkoordinasi, melaksanakan administrasi kepegawaian, sarana dan prasarana, dan Pengelolaan keuangan dinas kebudayaan dan pariwisata untuk mendukung kinerja kepada pegawai SKPD.
 
Berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 18 tahun 2016 tentang Perangkat Daerah dan Keputusan Gubernur Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Nomor: 188.44/1218/BKD/2016 tanggal 29 Desember 2016, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dibagi kedalam 5 bidang, yaitu Sekretariat,  Bidang Kebudayaan, Bidang Destinasi Pariwisata, Bidang Pemasaran Pariwisata serta Bidang Pengembangan Sumber Daya Pariwisata, Ekonomi Kreatif dan Kelembagaan Pariwisata.
 
Pada tahun 2008 s.d. tahun 2012, kantor Disbudpar menempati rumah dinas wakil ketua DPRD Kepulauan Bangka Belitung di Jalan Pulau Mendanau No. 2, Kelurahan Air Itam, Pangkalpinang. Selanjutnya sejak tahun 2013, Disbudpar menempati Gedung Kesenian di Jalan Profesi No.2 Kelurahan Air Itam Pangkalpinang.
 
Disbudpar juga membuka gerai informasi wisatawan (Tourist Information Center) di Ruang Kedatangan Bandara Depati Amir Pangkalpinang di Bangka dan di Terminal Kedatangan Bandara H. AS Hanandjoeddin Tanjung Pandan di Belitung.
 
Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Kepulauan Bangka Belitung
  1. Yan Megawandi, SH, M.Si. (Juli 2008 – Juli 2013)
  2. Ir. M. Yusri Liputo (Agustus 2013 – Februari 2014)
  3. (Alm.) Ahmad Rizal, SE, M.Si. (Februari 2014 – Oktober 2014)
  4. K.A. Tajuddin, SH (Oktober 2014 - September 2016)
  5. Drs. Rivai (September 2016 - ...)
Struktur Organisasi Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Oktober 2017)
 
 
 
(RB, 02/10/2017)

Artikel Lainnya

13 Jul 2017 | Rusni
10 Jan 2017 | Rusni
31 Dec 2016 | Yuyun Tri Widowati
31 Dec 2016 | Yuyun Tri Widowati

BeritaTerbaru

Marcellio Susanto dan Dian Anggraini Duta Wisata Provinsi Kepulauan Bangka Belitung 2017, Bangka...
Foto bersama usai pembukaan pemilihan Duta Wisata Provinsin Kepulauan Bangka Belitung Tahun 2017,...