Danau Biru, Kolong Murai

 
Danau Biru atau  Danau Kaolin terletak di Jalan Murai, Desa Air Raya, Kecamatan Tanjung Pandan, Belitung. Oleh orang lokal, tempat ini juga dikenal dengan sebutan “Kolong Murai”. Hanya butuh waktu kurang dari 15 menit dari pusat kota Tanjung Pandan atau sekitar 10 menit dari Bandara H.AS.Hanandjoeddin untuk ke sana. Danau ini bukan berasal dari kawah gunung seperti Danau Kawah Putih Ciwidey atau Kawah Putih Tinggi Raja. Danau ini terbentuk dari bekas tempat pertambangan Kaolin yang telah ditinggalkan dan alam menyempurnakan dengan keindahannya.
 
Danau ini berbeda dengan danau Kawah Putih Ciwidey yang sarat dengan bau belerang karena terbentuk dari letusan gunung berapi. Danau Kaolin Belitung ini tidak mengeluarkan aroma menyengat dari belerang. Sehingga membuat wisatawan betah berlama-lama didanau ini. Sedikit pengetahuan tentang Kaolin, Kaolin adalah suatu mineral sebagai bahan industri seperti kosmetik, kertas, makanan, pasta gigi dan Kaolin digemari karena sifatnya yang halus, putih, kuat, halus serta memiliki daya hantar listrik dan daya hantar panas yang rendah.
 
Di sini, pemandangannya mempesona sepanjang mata melihat. Ada timbunan-timbunan galian seperti bukit disekitar area danau yang sekilas terlihat seperti gunung dalam versi mini tetapi berwarna putih. Daratan bawah danau yang tertutup oleh air terlihat seperti lekukan seekor binatang yang sedang melintas. Apabila air sedang surut, daratan tersebut akan kelihatan seperti gula putih yang bersih.
 
Ditengah danau nampak sebuah daratan yang seakan menghubungan antar ujung danau.sehingga menambah indah panorama. Untuk airnya pun tergolong aman, karena air disini tidaklah panas. Terbukti masih banyak aktifitas warga dan anak-anak yang sedang menggunakan air danau atau mandi di danau.
 
 
Kondisi ini menjadikan wisatawan yang berkunjung tidak hanya bisa menikmati pemandangan saja, tetapi juga bisa bermain ataupun berenang menikmati segarnya air Danau Kaolin. Sebagian besar warga mengatakan dengan air di Danau kaolin ini kulit jadi lebih halus dan lembut. Sebagai informasi, struktur tanah disekeliling danau kaolin ini tidaklah stabil, sehingga dikhawatirkan akan adanya wisatawan yang terjatuh. Maka disekelilingnya diberi pagar pembatas dan diharapkan ketika berkunjung disini, para wisatawan tidak terlalu dekat berdiri dengan pagar pembatas tersebut. Terdapat papan pemberitahuan agar tidak berenang disitu, karena danau tersebut memiliki kedalaman yang cukup dalam, sehingga berbahaya bagi yang tidak dapat berenang.
 
Bagi yang penggemar photography, disini adalah tempat yang paling cocok untuk mencari obyek-obyek foto. Perpaduan warna biru air danau dan dinding-dinding batu yang berwarna putih seperti salju menjadi perpaduan warna yang sangat menakjubkan. Selain itu, tempat ini biasa juga dijadikan tempat untuk melakukan sesi Photo pra-wedding dan anak muda sering mengupload photo mereka di danau ini yang memang sangat “instagramable”.
 
Tidak ada fasilitas umum di area danau karena area ini belum dikelola oleh siapapun. Untuk masalah penginapan, di Kota Tanjungpandan banyak terdapat berbagai penginapan atau hotel. Namun demikian, bagi wisatawan yang berkunjung kemari tak perlu khawatir akan kelaparan. Terdapat beberapa warung makan di sekitar danau. Untuk kamu yang ingin bermalam, tidak ada penginapan di sekitaran danau, namun dapat dicari ketika memasuki kawasan perkotaan Tanjungpandan yang memang letaknya tidak jauh dari sini.
Untuk mencapai Danau Kaolin, wisatawan dapat menyewa mobil atau motor, karena tidak tersedianya angkutan umum dalam kota. Saat berkunjung, usahakan datang pagi atau sore hari. Karena disekitaran danau jarang sekali terdapat pepohonan, sehingga di siang hari cuaca begitu terik. Oleh karena itu, jangan lupa membawa kaca mata hitam jika datang ke sini, karena cahaya matahari yang memantul dari permukaan yang putih, cukup membuat mata menjadi silau.

Penulis: Jenny Rizal
Editor: Rusni
Photo: Rusni

Destinasi Lainnya

Bangka Belitung, Culinary
Kota Pangkalpinang, Culture and Arts
Beach/Marine, Kabupaten Bangka Tengah
Beach/Marine, Kabupaten Bangka Barat
Heritage, Kabupaten Bangka Barat

Destinasi Terkait

Nature, Kabupaten Belitung
Nature, Kabupaten Belitung
Nature, Kabupaten Belitung, Special Interest
Nature, Beach/Marine, Culture and Arts, Kabupaten Belitung
Bangka Belitung, Nature, Culinary, Kabupaten Belitung, Kabupaten Belitung Timur