Delapan Kriteria Penyusunan Paket Wisata

Pangkalpinang – Ada delapan poin yang harus diperhatikan dalam penyusunan paket wisata, yakni tema, atraksi, tarif, atribut penting, durasi, bonus, daftar pengelola, telling story, dan fasilitas yang tersedia di Daya Tarik Wisata (DTW).

Kepala Bidang Destinasi Pariwisata, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Disbudpar Babel), Rusni Budiati menyampaikan bahwa kedelapan poin kriteria tersebut guna meningkatkan kualitas penyusunan paket wisata.

“Delapan poin kriteria ini kita dapatkan dari salah satu materi narasumber kita, bahwa dalam penyunan suatu paket wisata sangat penting untuk memenuhi berbagai kebutuhan yang akan muncul saat membawa wisatawan,” kata Rusni yang ditemui pada pelaksanaan hari kedua Penyusunan Paket Wisata, di Hotel Bangka City, selasa (2/4/2019).

Hari ini, para peserta dibagi menjadi dua kelompok, untuk membuat satu paket wisata yang memenuhi delapan poin kriteria penyusunan paket wisata yang telah ditentukan.

TPP Kemenpar Pariwisata, Titin Fatimah menyampaikan agar paket wisata yang ditawarkan harus disesuaikan dengan kesiapan DTW.

“Kalau kita bikin suatu paket wisata, jangan sampai nanti yang kita tawarkan ke wisatawan, ternyata daya tarik wisatanya belum siap. Malah nanti wisatawan jadi kecewa,” kata Titin.

Menanggapi paket wisata yang dibuat para peserta, Kepala Seksi Daya Tarik Wisata, Disbudpar Babel, Yuliarsyah meminta untuk menampilkan keunggulan setiap daerah tujuan wisata.

“Kita minta supaya dalam penyusunan paket wisata, selalu menampilkan keunggulan dari setiap daerah atau kabupaten/kota yang menjadi tujuan wisata. Ciptakan diferensiasi antara satu daerah dengan daerah lain, agar wisatawan membutuhkan waktu untuk menikmati paket wisata,” kata Yuliarsyah. 

Sementara pelaku pariwisata, Sansan Arya Lukman berpesan agar packaging paket wisata dapat dibuat semenarik mungkin.

“Selain delapan poin tadi, ada satu hal lagi yang harus diperhatikan, yakni packaging atau kemasan. Kemasan paket wisatanya dibuat sebagu mungin, semenarik mungkin. Supaya wisatawan tertarik sama paket wisatanya,” kata Sansan.

 

Penulis  : Ernawati Arif

Foto        : Ernawati Arif