Dialog Kebudayaan (Sarasehan Dewan Kesenian) 2015

     

     PANGKALPINANG – Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menyelenggarakan kegiatan Dialog Kebudayaan. Dialog Kebudayaan (Sarasehan Dewan Kesenian) 2015 diresmikan langsung oleh Wakil Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Hidayat Arsani, Senin 10 Agustus 2015. Bertempat di Sun Hotel Pangkalpinang, Dialog Kebudayaan ini mengundang 80 (delapan puluh) orang para dewan kesenian kabupaten/kota se-Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

     Dalam sambutannya, Wakil Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Hidayat Arsani menyambut baik dengan adanya kegiatan ini. Melalui dialog kebudayaan ini dapat menjadi wadah komunikasi dan koordinasi bagi para dewan kesenian yang ada di Kepulauan Bangka Belitung dalam upaya untuk mengembangkan dan melestarikan seni budaya Bangka Belitung. Lebih lanjut dalam sambutannya, Wakil Gubernur menyampaikan bahwa pemerintah harus membantu para dewan kesenian untuk berinovasi dalam pelestarian seni budaya Bangka Belitung. Kepedulian kita terhadap seni budaya Bangka Belitung harus lebih dipupuk lagi. Sehingga para generasi muda kitapun akan lebih menghargai dan tertarik pada seni budaya daerah sendiri. Apalagi Indonesia yang sebentar lagi akan memasuki pasar bebas, dimana para generasi muda kitapun akan lebih banyak mengalami terpaan positif dan negatif dalam segala hal.

     Taufik Hidayat, S.Pd., Ketua Dewan Kesenian Jawa Timur yang sudah banyak mencatat prestasi dalam memajukan seni budaya Jawa Timur yang juga sebagai mitra Pemerintah, membagi pengalamannya kepada para dewan kesenian Bangka Belitung bagaimana dan apa saja yang dapat diusahakan dalam menggerakkan langkah para dewan kesenian ini untuk membawa seni budaya Bangka Belitung akhirnya pada posisi yang membanggakan.

     Kegiatan yang berlangsung selama 3 (tiga) hari ini diisi oleh beberapa narasumber, diantaranya Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Kepulauan Bangka Belitung K. A Tajuddin S.H., M.H., Ketua Program Seni Tari Fakultas Seni Pertunjukan Institut Kesenian Jakarta Sukarji Sriman, Ketua Dewan Kesenian Jawa Timur Taufik Hidayat S.Pd., dan Ketua Dewan Kesenian Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Saad Toyib.

     Rumusan rekomendasi yang telah ditandatangani oleh para perwakilan dewan kesenian dari setiap kabupaten/kota se-Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dibacakan oleh Kepala Bidang Kebudayaan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Engkus Kuswenda, S.Pd. Dalam sambutannya pada penutupan kegiatan ini, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Kepulauan Bangka Belitung K. A Tajuddin S.H., M.H. menyampaikan beberapa upaya yang dapat dilakukan dalam usaha menerapkan nilai-nilai seni budaya Bangka Belitung dalam pemerintahan. Walaupun sulit dalam prosesnya, namun dia yakin dan percaya bahwa usaha ini akan membuahkan hasil dan tentunya ini merupakan prestasi bagi dewan kesenian Bangka Belitung. Fotografer : Ernawati Arif, S.Sos. Editor : Achmad Mustiar, S.ST.

Sumber: 
Humas Disbudpar Prov. Kep. Babel