Disbudpar Babel Bahas Jadwal Pelaksaan Festival Kemuja

Pangkalpinang – Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Disbudpar Babel) kembali menggelar Rapat Lanjutan Persiapan Festival Kemuja, di Ruang Rapat Kantor Disbudpar Babel, Selasa (24/4/2018).

Rapat ini merupakan rapat lanjutan dari rapat sebelumnya yang dilangsungkan pada 4 Januari 2018 lalu, di Balai Pertemuan Desa Kemuja, Kecamatan Mendo Barat, Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Kepala Disbudpar Babel diwakili Sekretaris, Engkus Kuswenda mengatakan bahwa panitia pelaksana akan menyampaikan apa yang dibutuhkan untuk pelaksanaan Festival Kemuja.

“Hari ini kita mengadakan rapat lanjutan persiapan Festival Kemuja. Dalam rapat ini kita mendengarkan apa-apa saja yang dibutuhkan oleh panitia pelaksana atau apa saja kendalanya,” kata Engkus yang ditemui di Ruang Kerjanya, Kantor Disbudpar Babel pada hari yang sama.

Dalam rapat sebelumnya telah disepakati bahwa Festival Kemuja akan dilangsungkan pada 7 hingga 20 November 2018. Namun, ternyata tanggal 20 November tersebut bertepatan dengan perayaan Maulud Nabi SAW.

Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Bangka, Siti Januarsih mengatakan untuk merubah tanggal pelaksanaan Festival Kemuja.

“Kita sudah susun rangkaian acaranya, seperti berzanggi, shalawat, hingga lomba kereta sorong. Namun tanggal 20 November itu bertepatan dengan Maulud Nabi. Jadi panitianya pun tidak dapat diganggu,” kata Siti.

Hal ini didukung oleh Windiati, Kepala Bidang Kebudayaan, Disdikbud Bangka yang menyampaikan sejumlah kendala untuk pelaksanaan Festival Kemuja, termasuk permasalahan jadwal pelaksanaan.

“Sebelumnya kan kita sepakat tanggal 7 sampai 20 November. Tapi ternyata tanggal 20 itu Maulud Nabi SAW. Baik panitia atau pun masyarakatnya akan memperingati Maulud Nabi SAW, karena ini salah satu perayaan besar di Desa Kemuja,” katanya.

Hal serupa juga disampaikan Kepala Badan Permusyawaratan Desa Kemuja yang mengatakan bahwa tanggal pelaksanaan Festival Kemuja sebaiknya diundur.

“Masalah waktu, tanggal 20 November itu memang ajang silahturahmi Desa Kemuja dan tidak dapat diganggu gugat. Kalau bisa tanggalnya diundur jadi 10 sampai 22 November,” katanya.

Selama tanggal tersebut, lanjut beliau, berbagai lomba dilaksanakan mulai 10 hingga 18 November 2018. Selanjutnya, pada 18 hingga 20 November 2018 dikhususkan untuk persiapan perayaan Maulud Nabi SAW. Kemudian, dilanjutkan kembali pada 21 November sebagai persiapan acara puncak yang akan dilangsungkan pada 22 November 2018.

Selain Bidang Kebudayaan, Disbudpar Babel, rapat lanjutan ini juga mengundang Staf Khusus Gubernur, Disdikbud Bangka, Disparpora Bangka, Dinas PU Bangka, Camat Mendo Barat, Kepala Desa Kemuja, Kepala Badan Permusyawaratan Desa Kemuja, Lembaga Ketahanan Masyarakat Kemuja, Ketua Mesjid Kemuja, dan Tokoh Masyarakat/Agama Desa Kemuja.

 

Penulis : Ernawati Arif (Pranata Humas)

Foto      : Ernawati Arif