Disbudpar Babel Lakukan Persiapan Jelang HUT RI ke-73

Pangkalpinang – Dalam rangka menyambut HUT RI ke-73, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Disbudpar Babel) kembali ikut berpartisipasi untuk ikut memeriahkannya. Untuk itu, tim dari bidang Pengembangan Kebudayaan sedang mempersiapkan beberapa hal, yakni kelompok paduan suara atau Sirinade Aubade, korsik, dan musik pengiring.

 

Kepala Disbudpar Babel berpesan agar segala persiapan dapat dilakukan dengan sebaik-baiknya, agar pelaksanaannya berjalan dengan lancar.

 

“Tahun ini masih sama seperti tahun kemarin, kita menyiapkan musik pengiring, korsik, dan juga paduan suara. Mudah-mudahan semuanya bisa tepat waktu dan disiplin menjalani latihan, hingga nanti dapat memberikan penampilan yang prima pada waktunya,” kata Rivai, di Kantor Disbudpar Babel, Rabu (15/8/2018).

 

Untuk dapat menciptakan suatu kekompakan dibutuhkan latihan intensif yang dilakukan dengan disiplin. Untuk itu, setiap personil yang terlibat telah melakukan latihan yang dibutuhkan.

 

“Setiap personil yang terlibat sudah melakukan latihan intensif, baik itu Sirinade Aubade, korsik, mau pun musik pengiring. Kita berharap dari latihan tersebut akan menjaga kekompakan dan kualitas saat tampil nanti,” kata Rivai.

 

Hal yang sama juga disampaikan Kepala Bidang Pengembangan Kebudayaan, Zuardi.

 

“Kalau Sirinade Aubade sudah latihan intensif sejak 16 Juli lalu, di dua lokasi yakni SMA Santo Yosef dan SMAN 1 Pangkalpinang. Mereka berlatih memadukan empat jenis suara, ada alto, sopran, bass, dan tenor. Total jumlah lagu yang harus mereka bawakan sebanyak 12 lagu,” kata Zuardi.

 

Zuardi menambahkan, korsik dan musik pengiring juga melakukan latihan di tempat latihan masing-masing.

 

“Kalau korsik dan musik pengiring juga sama. Mereka juga melakukan latihan di tempat latihan mereka masing-masing. Yang penting materi latihannya sama. Nah, hari ini baru semuanya latihan bersama di halaman Kantor Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, untuk memadukan hasil latihan sebelumnya,” tambahnya.

 

Tahun ini peserta Sirinade Aubade berjumlah 200 siswa yang berasal dari beberapa sekolah di Pangkalpinang, yakni SMA Santo Yosef, SMAN 1 Pangkalpinang, SMAN 2 Pangkalpinang,  SMAN 3 Pangkalpinang, SMK Pangkalan Baru, SMAN 4 Pangkalpinang, dan SMKN 1 Pangkalpinang. Ditambah 30 orang untuk korsik dan beberapa pemain musik pengiring.

 

Sementara korsik tidak hanya tampil pada saat Upacara Pengibaran Bendera, tapi juga pada Malam Renungan Suci dan acara Tabur Bunga. Renungan Suci diadakan pada 16 Agustus malam dan Tabur Bunga dilakukan di dua tempat berbeda, yakni Taman Makam Pahlawan dan Pelabuhan Pangkal Balam.

 

Tidak hanya itu saja, Disbudpar Babel juga turut mendukung pelaksanaan Malam Resepsi dengan menampilkan kelompok musik Dambus, Batman (Maestro Campak Dalung), Tari kreasi, dan pembacaan puisi.

 

Penulis   : Ernawati Arif (Prahum Disbudpar Babel)

Sumber  : Disbudpar Babel

Foto        : Disbudpar Babel