Disbudpar Gelar Sertifikasi House Keeping dan FB Service

 

Sungailiat, Bangka – Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Disbudpar Babel) menyelenggarakan sertifikasi bagi tenaga kerja House Keeping dan Food Beverage Service (FB Service), di Hotel Novilla, Sungailiat, Bangka, Rabu (24/4/2019).

Kepala Bidang Sumber Daya Pariwisata, Ekonomi Kreatif, dan Kelembagaan Kepariwisataan, Disbudpar Babel, Darnis Rachmiyati mengatakan bahwa kejujuran menjadi salah satu faktor penting dalam segala profesi, termasuk bidang pelayanan.

“Kejujuran harus dikedepankan dalam segala bidang profesi, termasuk kita yang bekerja di bidang pelayanan. Tanpa kejujuran, segala atribut keterampilan yang kita punya tidak akan berarti dan kita tidak akan mendapatkan tempat dimana pun,” kata Darnis yang ditemui usai acara pembukaan.

Darnis mengatakan bahwa upaya sertifikasi sumber daya pariwisata juga dapat dilakukan oleh pihak hotel.

“Sertifikasi ini bukan semata-mata tugas pemerintah, tapi juga tugas pihak hotel tempat dimana sumber daya pariwisata ini bekerja,” katanya.

Senada hal tersebut, perwakilan LSP (Lembaga Sertifikasi Profesi) Pariwisata, Faizal Riza Amiry memberikan apresiasinya kepada Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung atas penyelenggaraan kegiatan sertifikasi ini.

“Saya mengapresiasi Pemerintah Provinsi Bangka Belitung yang hingga kini masih mengupayakan sertifikasi bagi sumber daya pariwisatanya. Di era global ini, jangan sampai tenaga kerja kita hanya menjadi penonton di negaranya sendiri,” kata Faizal.

Menurut Faizal tenaga kerja tersertifikasi merupakan gambaran tenaga kerja yang kompeten.

“Adik-adik yang ada di sini sangat beruntung sekali dapat mengikuti sertifikasi. Selain menjadi bekal bersaing dengan tenaga kerja dari negara lain, sertifikat yang akan kalian peroleh nanti juga menjadi gambaran bahwa kalian tanaga kerja yang kompeten. Untuk itu ikuti kegiatan ini dengan serius,” katanya.

Seperti penyelenggaraan sertifikasi sebelumnya, dimana seluruh peserta akan mengikuti kegiatan selama 3 hari hingga 26 April 2019 nanti. Selama 3 hari tersebut, para peserta akan mendapatkan pembekalan, assessment mandiri, ujian praktek, dan wawancara mendalam.

Para peserta berjumlah 68 orang yang terbagi menjadi 2 kelompok profesi, yakni House Keeping dan Food Beverage Service. Terdapat 2 hasil dari setiap sertifikasi, yakni “Belum Kompeten” dan “Kompeten”. Bagi peserta yang dinyatakan “Belim Kompeten” diberikan 1 kali kesempatan untuk mengulang.

 

Penulis   : Ernawati Arif

Foto        : Ernawati Arif