EBAcom Imbangi Perkembangan Pariwisata Belitung Timur

 

Pengembangan pariwisata harus diimbangi oleh peningkatan sumber daya pariwisata yang berkualitas. Hal ini menjadi salah satu yang melatarbelakangi terbentuknya East Belitung Ambassador atau yang disingkat EBAcom.

Peluncuran EBAcom ditandai dengan penyerahan Surat Keputusan Bupati Belitung Timur tentang Pembentukan EBAcom, oleh Evi Nardi Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Belitung Timur kepada Ketua EBAcom yang diwakili Diki Rizaldi, Sekretaris EBAcom, saat kegiatan Seleksi Pemilihan Bujang Dayang Kabupaten Belitung Timur 2018, di Pendopo Seni Disbudpar Beltim, Selasa (3/7/2018) lalu.

 

EBAcom merupakan suatu organisasi yang mewadahi para alumni finalis Bujang Dayang Belitung Timur yang selama ini belum memiliki organisasi untuk berhimpun dan menjalankan visi misi yang telah direncanakan saat mengikuti ajang Bujang Dayang.

“Selama ini alumni Bujang Dayang kita belum memiliki wadah untuk berhimpun sesama alumni, saling berkomunikasi dan bertukar pikiran, hingga menjalankan tugas atau kegiatan kepariwisataan,” kata Peranciscus, Aryanto, Kepala Seksi Kelembagaan Kepariwisataan, Disbudpar Beltim melalui sambungan telepon, Selasa (24/7).

 

Peranciscus yang merupakan penggagas EBAcom juga menyayangkan jika para Bujang Dayang hanya dilibatkan untuk sekedar menerima tamu. Sementara, untuk lolos menjadi finalis Bujang Dayang bukan lah hal yang mudah.

 

“Dari awal mereka ikut ajang Bujang Dayang saja sudah berjuang. Setelah menjadi finalis atau memenangkannya, apa kemudian hanya untuk menerima tamu dan sekedar mengalungkan bunga saja?” katanya.

 

Menurut Peranciscus, para alumni Bujang Dayang sebagai duta wisata dapat dilibatkan dalam kegiatan kepariwisataan, baik Pemerintah mau pun swasta.

 

“Bujang Dayang adalah duta wisata daerah. Perannya tidak hanya melaksanakan visi misi saat menjadi Bujang Dayang, namun selanjutnya mereka dapat dilibatkan dalam kegiatan atau program kepariwisataan yang diselenggarakan oleh pemerintah atau pun swasta,” ucapnya.

 

Selain untuk menjadikan pariwisata Belitung Timur lebih baik, sebagai anggota EBAcom, para alumni Bujang Dayang juga memiliki tugas mengedukasi dan mempromosikan pariwisata kepada masyarakat dan wisatawan.

 

“Para anggota EBAcom memiliki peran baik di dalam mau pun di luar lingkungan tempat tinggalnya. Sebagai sumber daya pariwisata lokal, mereka juga berperan sebagai tenaga suka rela yang melakukan kegiatan edukasi dan promosi pariwisata kepada masyarakat dan wisatawan,” kata Peran.

 

Saat ini, EBAcom beranggotakan 24 orang alumni Bujang Dayang angkatan 2004-2017. Sebagai permulaan pembentukan, para pengurus membuat beberapa akun media sosial, seperti Facebook, Instagram, dan Youtube agar mudah dalam penyebarluasan informasi.

 

 

Penulis   : Ernawati Arif (Prahum Disbudpar Babel)

Foto        : Peranciscus Aryanto (Kasi Kelembagaan Kepariwisataan Disbudpar Beltim)