GenPI Rencanakan Pasar Digital di Desa Karya Makmur

Contoh salah satu pasar digital GenPI yang ada di Indonesia, Pasar Karetan - Jawa Tengah

 

Pangkalpinang – Generasi Pesona Indonesia (GenPI) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) rencanakan Pasar Digital yang berlokasi di Desa Karya Makmur, Kecamatan Pemali, Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Desa Karya Makmur sendiri pernah meraih sebagai Desa Terbaik se-Kabupaten Bangka pada tahun 2017 lalu.

Iman Taufik, Ketua GenPI Bangka Belitung menyampaikan bahwa saat ini sedang dalam tahap survey untuk lahan yang akan dijadikan sebagai Pasar Digital.

“Bulan April ini kita mulai survey lahannya dulu. Tampilan pasarnya sama seperti pasar jajanan atau kuliner pada umumnya, dan akan hadir setiap Minggu,” kata Iman yang ditemui saat berkoordinasi ke Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Babel, Pangkalpinang, Kamis (12/4/2018).

Konsep Pasar Digital GenPI, lanjut Iman, disesuaikan dengan potensi atau kekhasan daerah masing-masing, untuk mengembangkan kreatifitas di daerah itu sendiri dan meningkatkan pendapatan warga setempat. Yang menjadi pedagang di pasar ini juga warga setempat dan tidak dipungut biaya, namun bagi hasil.

Salah satu Wakil Ketua yang membidangi Destinasi Digital atau Pasar Digital GenPI Pusat, Shafigh Pahlevi Lontoh mengatakan bahwa Pasar Digital GenPI merupakan kegiatan lanjutan dari keaktifan komunitas GenPI yang ada di daerah.

“Pasar Digital GenPI ini adalah kelanjutan dari keaktifan para anggota GenPI yang ada di daerah dalam mempromosikan pariwisata daerahnya, baik secara online atau pun offline,” kata Shafigh saat dimintai keterangan secara online, Rabu (18/4/2018).

Beliau mengatakan dipilihnya pasar sebagai alternatif destinasi wisata karena pasar merupakan salah satu tempat interaksi masyarakat dan salah satu tempat kearifan lokal berada.

“Kenapa pasar, karena pasar ini tempat berkumpulnya orang-orang untuk berinteraksi dan bertransaksi. Melalui pasar juga, kita berusaha lebih mengangkat kearifan lokal, seperti budaya dan kuliner,” ucapnya.

Disamping itu, lanjut Shafigh, Pasar Digital GenPI juga menjadi wadah silahturahmi teman-teman GenPI dan menciptakan peluang usaha bagi masyarakat setempat.

Shafigh yang pernah menjabat sebagai Sekretaris Jenderal GenPI Pusat ini juga menyampaikan bahwa kekuatan Pasar Digital GenPI terletak pada kegiatan promosinya yang bersifat digital dan digaungkan oleh para anggota GenPI di seluruh Indonesia.

“Pasar yang dikelola GenPI ini kekuatannya ada di bagian promosinya. Promosinya digencarkan oleh para GenPI melalui berbagai media sosial, dan memang pada umumnya Pasar Digital ini sifatnya instagramable,” tuturnya.

GenPI sebagai tim operasional Pasar Digital GenPI telah mengkreasikan sejumlah Pasar Digital GenPi di Indonesia, diantaranya Pasar Karetan di Jawa Tengah, Pasar Pancingan di Nusa Tenggara Barat, Pasar Kaki Langit di Yogyakarta, Pasar Bababoenjit di Sumatera Selatan, Pasar Tahura di Lampung, dan lain sebagainya.

 

Penulis            : Ernawati Arif (Prahum Disbudpar Babel)

Dokumentasi : blog.tourismwave.com