Genpi Wadah Kreativitas Generasi Muda Mempromosikan Pariwisata Babel

Pangkalpinang – Generasi Pesona Indonesia (Genpi) ajak para pelajar dan mahasiswa di Pangkalpinang dan sekitarnya mengenal pariwisata dan mempromosikannya. Sebagai komunitas penggiat promosi pariwisata yang dibentuk Kementerian Pariwisata (Kemenpar) RI, Genpi dapat menjadi wadah berkreativitas kepariwisataan bagi generasi muda.

Untuk memperkenalkan pengetahuan kepariwisataan, khususnya pemasaran, Genpi hadir pada kegiatan Sosialisasi dan Pelatihan Dasar Pengenalan Kepariwisataan, di Hotel Bangka City, Pangkalpinang, Rabu (1/8/2018).

Menurut Rivai, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Disbudpar Babel) kehadiran Genpi membantu Pemerintah Daerah dalam pemasaran atau promosi pariwisata Bangka Belitung.

“Pastinya kita selaku pemerintah akan sangat terbantu dengan kehadiran Genpi. Rata-rata tipikal anggota kreatif dan cerdas, ditambah suka jalan-jalan dan berwisata, akan sangat mendukung promosi pariwisata kita,” kata Rivai saat ditemui usai membuka acara.

Rivai juga mengatakan bahwa dengan adanya Genpi para generasi muda Bangka Belitung dapat mengalokasikan waktu dan tenaganya untuk hal positif.

“Kalau ada komunitas-komunitas yang mayoritas anak muda atau orang-orang kreatif seperti ini, anak muda kita bisa mengalokasikan waktu dan tenaganya untuk hal yang positif. Dengan kata lain, kita menghindari mereka dari hal-hal negatif, dan membantu Pemerintah, khususnya dalam mempromosikan pariwisata,” kata Rivai.

Iman Taufik, Ketua Genpi Bangka Belitung yang hadir bersama narasumber Ang Tek Khun, yakni Tim Konten Online Genpi Nasional memberikan materi singkat tentang Genpi. Iman mengajak para peserta untuk mengunjungi akun media sosial Genpi Bangka Belitung dan melihat kegiatannya.

Iman mengatakan saat ini Genpi memiliki dua Korda (Koordinator Daerah), yakni Korda Bangka dan Korda Belitung untuk mendukung upaya Genpi dalam menjalankan tugas utamanya, yakni mempromosikan pariwisata.

“Alhamdulillah, saat ini kita sudah memiliki Koordinator Daerah untuk Bangka dan Belitung. Supaya upaya promosi pariwisata daerah kita lebih terpadu dan terintegrasi lagi,” kata Iman yang ditemui saat makan siang.

Secara online, Genpi menggunakan beberapa media sosial untuk mempromosikan pariwisata Bangka Belitung. Unggahan-unggahan di media sosial memiliki daya tarik yang tinggi bagi wisatawan.

 “Zaman sekarang, apa-apa serba digital. Kita juga go digital. Jadi kita juga melakukan promosi pariwisata secara digital, salah satunya melalui media sosial seperti Instagram yang memberikan daya tarik luar biasa, terutama melalui foto-fotonya” jelas Iman.

Selain itu, Iman juga mengatakan bahwa saat ini Kemenpar RI semakin mengembangkan sayapnya untuk mempromosikan pariwisata Indonesia dengan membentuk Genwi yang go international.

“Saat ini Kementerian Pariwisata RI bukan hanya punya Genpi atau Generasi Pesona Indonesia, tapi juga sudah ada Genwi atau singkatan dari Generasi Wonderful Indonesia yang dibentuk  pekan lalu, di National Research University Higher School of Economic, Moskow, Rusia,” katanya.

Sementara Ang Tek Khun mengatakan bahwa untuk menarik wisatawan dapat dilakukan dengan story telling.

“Kalau mau mem-post foto, caption-nya dibuat semenarik mungkin, seperti kita bercerita tapi bukan seperti Wikipedia. Ceritanya juga bisa dibuat lebih personal, berdasarkan pengalaman sendiri,” kata Ang.

 

Penulis                   : Ernawati Arif (Prahum Disbudpar Babel)

Foto                        : Rafiq Elzan