Hutan Wisata Tuatunu

Objek wisata alam lain yang menjadi andalan Kota Pangkalpinang yaitu Hutan Wisata Tuatunu. Terletak ± 6 km dari pusat kota, di desa Tuatunu Kelurahan Tuatunu Indah Kecamatan Gerunggang Kota Pangkalpinang. Dengan luas mencapai ± 137 ha. Selain sebagai hutan wisata, hutan Tuatunu berfungsi sebagai kawasan konservasi dan perkemahan.

Keadaan tanah mempunayi PH rata-rata di bawah 5, dengan jenis tanah Podsolik merah kuning, Regosol, Gleisol dan Organosol, yang merupakan pelaupkan dan batuan induk, sedangkan pada sebagian kecil daerah rawanya memiliki jenis tanah asosiasi alluvial dan hydronomy dang lay humus serta regosol kelabu muda yang berasal dari endapan pasir dan tanah liat.

Jenis flora yang dominan adalah karet, mahoni, bisbul, kayu seru, kayu kabel, kayu serambet, kayu gerunggang, kayu pelumpang, kayu rengas, kayu palawan, kayu nyatoh, kayu meranti merah, rumbia. Sedangkan jenis binatangnya yaitu jenis burung, kancil/pelanduk, napo, berbagai jenis primate, lebah madu dan berbagai jenis ular.

Destinasi Lainnya

Bangka Belitung, Culinary
Kota Pangkalpinang, Culture and Arts
Beach/Marine, Kabupaten Bangka Tengah
Beach/Marine, Kabupaten Bangka Barat
Nature, Kota Pangkalpinang, Culture and Arts

Destinasi Terkait

Nature, Kota Pangkalpinang
Nature, Kota Pangkalpinang
Nature, Kota Pangkalpinang
Nature, Kota Pangkalpinang, Culture and Arts