Jelang HUT RI Ke-73, Disbudpar Babel Seleksi Suara-Suara Terbaik

Pangkalpinang – Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia (RI) yang ke-73 hanya tinggal beberapa bulan lagi. Untuk itu, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Disbudpar Babel) akan segera mengadakan audisi Gita Bahana Nusantara, di Bangka City Hotel, Pangkalpinang, Rabu (2/5/2018) mendatang.

Paduan suara yang tergabung dalam Gita Bahana Nusantara ini nantinya akan tampil pada saat Pidato Kenegaraan Presiden RI di Gedung DPR/MPR dan pada peringatan detik-detik proklamasi Kemerdekaan RI di Istana Merdeka, Jakarta.

Kepala Disbudpar Babel, Rivai melalui Kepala Bidang Pengembangan Kebudayaan, Zuardi mengatakan bahwa Audisi Gita Bahana Nusantara bertujuan untuk meningkatkan nasionalisme pada generasi muda.

“Audisi Gita Bahana ini bukan hanya ajang seleksi suara-suara terbaik dari seluruh peserta, tapi yang terpenting bahwa kegiatan ini bertujuan untuk membangun karakter dan jati diri bangsa, memupuk rasa kebersamaan dan nasionalisme, serta meningkatkan apresiasi seni di kalangan generasi muda,” kata Zuardi yang ditemui usai memimpin rapat persiapan Audisi Gita Bahana Nusantara, di Ruang Rapat Disbudpar Babel, Pangkalpinang, Kamis (26/4) lalu.

Zuardi menjelaskan bahwa Gita Bahana Nusantara juga merupakan wadah kreativitas bagi generasi muda.

“Gita Bahana Nusantara ini mempertemukan setiap perwakilan dari seluruh provinsi di Indonesia. Hal ini juga menjadi wadah bagi mereka untuk menyalurkan kreativitas di bidang musik, terutama terkait lagu-lagu nasional.” Jelasnya.

Zuardi berharap bahwa kualitas peserta Gita Bahana Nusantara asal Bangka Belitung dapat terus meningkat.

“Kita semua berharap melalui audisi yang dilaksanakan setiap tahunnya ini dapat menghasilkan kualitas peserta Gita Bahana Nusantara Bangka Belitung yang terus meningkat,” ucapnya.

Dalam rapat tersebut, Zalika Hidayanti selaku Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan (PPTK) menyampaikan bahwa terdaftar 28 (dua puluh delapan) peserta yang akan mengikuti Gita Bahana Nusantara tahun ini.

“Tahun ini ada 28 orang peserta. Masing-masing kabupaten/kota di Babel mengirimkan 4 peserta dengan 4 jenis suara yang akan diaudisikan, yakni bass, tenor, sopran, dan alto,” kata Zalika.

Setiap tahun, Audisi Gita Bahana Nusantara dapat diikuti oleh masyarakat umum atau pun pelajar yang berumur antar 17 hingga 23 tahun. Disamping itu, peserta juga disyaratkan belum menikah dan dapat bernyanyi sesuai dengan jenis suara yang dimiliki, yakni sopran dan alto untuk putrid, sementara bass dan tenor untuk putra.

Persyaratan secara keseluruhan disampaikan oleh Disbudpar kabupaten/kota sebelum menyelenggarakan Audisi Gita Bahana Nusantara Tingkat Kabupaten/Kota.

3 (tiga) orang juri yang akan berpartisipasi pada audisi ini, antara lain Rr Sulistyani (juri pusat), Hablinur (juri daerah), dan Andi Kaharudin (juri daerah).

 

Penulis : Ernawati Arif (Prahum Disbudpar Babel)

Foto      : Ernawati Arif