Kayak Marathon, Menteri Susi: Olahraga Sambil Berwisata di Tanjung Kelayang

Tanjung Kelayang, Belitung – Pulau yang dikenal dengan Negeri Laskar Pelangi kembali menggelar even internasional, Kayak Marathon 2018, di Pantai Tanjung Kelayang, Belitung, Jum’at (27/7/2018).

Acara yang dibuka langsung oleh Menteri Kelautan dan Perikanan RI, Susi Pudjiastuti,  merupakan salah satu upaya mencapai status Geopark Nasional menjadi Geopark Global.

Pada kesempatan ini, Ibu Menteri mengatakan bahwa ada beberapa hal yang harus dilakukan agar Pulau Belitung banyak dikunjungi wisatawan.

“Untuk mengundang orang datang dan berlibur ke Pulau Belitung, maka kebersihan harus dijaga.  Kuliner olahan dari hasil laut juga harus dijaga kualitasnya,” katanya.

Disamping itu, Ibu Menteri juga mengatakan  bahwa setiap daerah harus memiliki satu maskot andalan.

“Setiap daerah harus punya maskot masing-masing dan Belitung sudah memilih Pariwisata, Perikanan dan Kelautan serta Pertanian. Itu semua pasti didukung oleh semua lembaga. Go, bisa,” ujarnya memberi semangat kepada pemerintah daerah.

Ibu Menteri juga memberi bantuan berupa goggle (kacamata renang) kepada anak-anak sekolah yang berada di sekitar Pantai Tanjung Kelayang.

“Kasihan anak-anak ini, mereka selama ini hanya menjadi penonton saja. Tidak bisa ikut menikmati keindahan bawah laut daerahnya, makanya saya berikan goggle kepada mereka”, lanjut Menteri.

Kayak Marathon 2018 yang baru pertama kali diselenggarakan di Pulau Belitung ini diikuti oleh 82 orang peserta yang tidak hanya berasal dari Indonesia, tapi juga negara lainnya, seperti Malaysia, Singapura, India, New Zealand, Italia, dan Trinidad and Tobago.

Ada beberapa kelas yang diperlombakan antara lain Kayak 1 person (K1), Kayak 2 person (K2), SUP/Paddle board, Canoe & Jungkong Tradisional. Setiap peserta harus melewati 8 Pos yang disiapkan panitia dengan jarak tempuh 21km.

Menteri Susi juga ikut menyumbangkan total 20 juta rupiah sebagai hadiah bagi pemenang lomba Jungkong Nelayan Tradisional.

Untuk memberi semangat kepada para peserta lomba, Menteri Susi menyempatkan diri berolahraga menggunakan Stand Up Paddleboard (SUP) miliknya didampingi beberapa peserta lainnya. Setelah berolahraga, Menteri Susi tak lupa menyantap Durian khas Pulau Belitung yang sudah disiapkan oleh panitia.

 

Penulis                   : Ernawati Arif (Pranata Humas)

Foto                        : Rafiq Elzan