Kepiting Isi

 
Bertandang ke pulau Belitung yang memiliki pantai-pantai berpasir putih, laut biru, dan bebatuan granit raksasa, rasanya belum lengkap tanpa menyantap kulinernya yang khas. Sebagaimana daerah kepulauan, kuliner khas Belitung tidak jauh dari makanan berbahan hasil laut, mulai dari beragam jenis ikan, moluska laut (cumi-cumi, gurita, berbagai jenis siput, kerang-kerangan), gamat/teripang/timun laut, hingga crustasea (kepiting, rajungan, udang, udang karang, teritip, lobster). Apalagi posisi pulau Belitung yang diapit Laut Cina Selatan, Selat Karimata, Selat Gaspar dan Laut Jawa, dimana hasil lautnya begitu melimpah, tidak heran apabila kuliner di pulau ini begitu kental dengan masakan berbahan dasar sea food, mulai dari makanan yang digoreng, dipanggang/bakar, direbus, hingga ditim.
 
Salah satu kuliner yang menjadi favorit wisatawan yang berkunjung ke pulau Belitung adalah Kepiting Isi.  Tak lengkap rasanya bila belum menyantap hidangan yang satu ini, apalagi hanya bisa dibeli/dipesan di beberapa kedai saja. Salah satunya berada di Jalan Sriwijaya, Tanjung Pandan, Belitung.
 
Penasaran apa bahan dasar makanan lezat ini dan bagaimana cara membuatnya? Ternyata membuat kuliner berbahan dasar daging kepiting ini tidaklah rumit, setelah memisahkan daging kepiting dari cangkangnya, bumbui dengan bawang putih dan lada putih yang telah dihaluskan, tambahkan perisa, telur, dan daun seledri/daun bawang, setelah rata masukkan adonan ke cangkang Kepiting Rajungan, lalu balut dengan putih telur yang telah dikocok, kemudian goreng hingga kuning kecoklatan. Kepiting Isi yang telah digoreng bisa bertahan 2 (dua) hari atau 1 (satu ) minggu apabila dibekukan. 
 
Bagi pecinta dan penikmat kuliner berbahan sea food yang sedang atau akan bertandang ke pulau Belitung, direkomendasikan untuk mencoba kuliner khas Belitung yang satu ini. Namun jangan sampai kalap ya, terutama buat pengidap kolesterol tinggi.  Selamat mencoba!

Penulis: Yuyun Tri Widowati
Editor: Yuliarsih
Photo: Yuyun

Destinasi Lainnya

Bangka Belitung, Culinary
Kota Pangkalpinang, Culture and Arts
Beach/Marine, Kabupaten Bangka Tengah
Beach/Marine, Kabupaten Bangka Barat
Nature, Kota Pangkalpinang, Culture and Arts

Destinasi Terkait

Bangka Belitung, Culinary
Bangka Belitung, Culinary
Bangka Belitung, Culinary
Bangka Belitung, Culinary
Bangka Belitung, Culinary