Ketupat Lepas

 
Ketupat Lepas disebut juga dengan ketupat tolak bala, adalah ketupat yang dianyam sedemikian rupa dan akan terlepas jika bagian ujung dan pangkalnya ditarik. Jika biasanya ketupat berbentuk kotak atau persegi yang tertutup rapat dan memiliki ruang kosong  untuk diisi beras, maka ketupat yang satu ini hanya dianyam dengan bentuk memanjang agak renggang atau longgar tanpa isi dan dua ujungnya terpisah.
 
Ketupat Lepas pada jaman dulu sering disajikan pada acara–acara pembacaan do’a di rumah-rumah warga terutama yang sedang hajatan yang bertujuan untuk melepaskan (menolak) bala. Pada acara Rebo Kasan, setiap rumah menyediakan Ketupat Lepas sejumlah anggota keluarga yang ada di rumah tersebut. Setelah pembacaan do’a  barulah para jemaah yang hadir mulai menarik/melepaskan anyaman ketupat tersebut sambil menyebut nama keluarga masing-masing sebagai pertanda melepas bala yang sewaktu-waktu akan datang.
 
Pada awalnya, upacara pelepasan ketupat tidak hanya sampai pada penarikan hingga lepas saja, tetapi juga dilanjutkan dengan melarung helai daun kelapa yang telah terlepas tersebut ke laut, yang mengandung arti bahwa bencana yang disimbolkan dengan dua helai daun kelapa tersebut telah dibuang ke laut. Upacara ini dulunya masih dilakukan di tepi pantai, tidak hanya untuk sebagai penolak bala saja tetapi juga bermaksud sebagai pengharapan agar hasil tangkapan yang merupakan mata pencaharian utama nelayan melimpah.
 
Upacara adat ini, meskipun tidak ada tuntunannya dengan ibadah agama tertentu, sekarang dilaksanakan di tempat-tempat ibadah. Acara ini akan diakhiri dengan menikmati hidangan bersama hantaran warga sekitar tempat ibadah tersebut untuk para peserta dan tamu yang datang menghadiri acara tersebut. Masyarakat yang masih melaksanakan adat ini adalah warga di daerah Merawang, Kabupaten Bangka dengan tujuan melestarikan budaya setempat.

 


Penulis : Risnawati
Editor: Yuliarsih

Destinasi Lainnya

Bangka Belitung, Culinary
Kota Pangkalpinang, Culture and Arts
Beach/Marine, Kabupaten Bangka Barat
Beach/Marine, Kabupaten Bangka Tengah
Nature, Kota Pangkalpinang, Culture and Arts

Destinasi Terkait

Culture and Arts, Kabupaten Bangka
Culture and Arts, Kabupaten Bangka
Culture and Arts, Kabupaten Bangka
Culture and Arts, Kabupaten Bangka, Heritage