Kunjungan Dubes Argentina dan Dubes Peru ke Pulau Bangka

Round Table Discussion Bersama Dubes Argentina untuk Indonesa dan Dubes Peru untuk Indonesia
 
Pangkalan Baru - Direktorat Amerika Selatan dan Karibia (Amselkar) Kementerian Luar Negeri RI melaksanakan Round Table Potensi dan Peluang kerjasama Pariwisata Indonesia dengan Negara-Negara Amerika Selatan dan Karibia yang dilaksanakan di Hotel Novotel Bangka pada tanggal 24 November 2015.
 
Acara diskusi dibuka langsung oleh Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, H. Rustam Effendi . Dalam acara tersebut, hadir sebagai pembicara Dubes Argentina untuk Indonesia, Y.M. Ricardo Luis Bocalandro dan Dubes Peru untuk Indonesia Y.M. Roberto HernĂ¡n Seminario Portocarrero. Kedua duta besar tiba di Pangkalpinang sehari sebelumnya, dan ikut pula menghadiri jamuan makan malam HUT Provinsi kepulauan Bangka Belitung di Muntok. Turut mendampingi kedua Duta besar Amselkar tersebut Direktur Amselkar Kemenlu RI, Bapak Mustafa Taufik Abdul Latif.
 
Sebelum membuka acara diskusi, Gubernur berbincang-bincang dengan kedua duta besar yang terkesan dengan kuliner local. Keduanya juga menyampaikan keinginan untuk berkunjung ke pantai-pantai di Bangka Belitung yang telah mereka lihat foto-fotonya di media sosial.
 
Selain Dubes Peru dan Argentina serta Direktur Amselkar Kemenlu RI, hadir pula sebagai pembicara dalam Round table discussion tersebut Kepala Dinas Kebudayaan dan pariwisata Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dan perwakilan ASITA DPD Bangka Belitung, Andi Purwanto. Diskusi dimoderatori oleh Trisari Dyah Paramitha dari Kemenlu RI.
 
Pada hari Rabu, 25 November 2015, rombongan melaksanakan site visit ke daya tarik wisata yang ada di Pulau Bangka. Menurut Syekh Achmad Sobri, penerjemah di Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Duta besar Argentina sangat terkesan dengan keindahan Pantai parai Tenggiri di Sungailiat yang saat kunjungan bercuaca cerah sehingga menghabiskan banyak waktu di pantai tersebut. Yang Mulia Ricardo Luis Bocalandro bahkan menawarkan untuk mengajarkan cara membuat Argentinian Barbeque kepada Manajer Parai Resort.
 
Kepada Sobri, Dubes Argentina menyampaikan bahwa dia sangat ingin kembali ke Bangka Belitung bersama keluarga, terutama ke Pulau Belitung karena kunjungan kali ini terlalu singkat. Setelah mengunjungi pantai Parai tenggiri, YM Ricardo Luis Bocalandro mengunjungi Museum Timah dan Galeri Cual Destiani di Kacang Pedang Pangkalpinang sebelum kembali ke Jakarta dengan penerbangan sore.

Reporter/Foto: RB
Sumber: 
Disbudpar Babel