Maras Taun Diangkat Menjadi Event Pariwisata Besar di Belitung Timur

Pangkalpinang - Upacara adat Maras Taun kini menjadi suatu even besar pariwisata di Belitung Timur.

Even Ngembarik de Belitong Timur yang diberi tema “Telusur Budaya Simpang Tige” ini akan digelar pada 22 hingga 28 April 2019, di beberapa tempat di Belitung Timur, yakni Gedung Satu Hati Bangun Negeri, Lapangan Bola Simpang Tiga, serta Gurok Peramban dan Venue Lomba Gasing.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Disbudpar Babel), Rivai mengatakan bahwa atraksi wisata merupakan salah satu hal terpenting dalam pembangunan kepariwisataan.

“Dalam pembanguna kepariwisataan sangat dibutuhkan yang namanya atraksi wisata, untuk menarik minat wisatawan. Harusnya ada sesuatu yang menarik supaya wisatawan mau datang ke daerah kita, salah satunya adalah dengan atraksi wisata,” jelas Rivai yang ditemui di ruang kerjanya, Kamis (18/4/2019).

Rivai menambahkan bahwa Ngembarik de Belitong Timur menjadi even pariwisata yang mengangkat tradisi khas daerah.

“Even ini akan sangat bagus sekali, bahwa tidak hanya untuk mempromosikan pariwisata, tapi kita juga mengenalkan sekaligus mengangkat tradisi kita kepada khalayak luas,” tambahnya.

Melalui media perpesanan WhatsApp, Kepala Disbudpar Belitung Timur, Evi Nardi menjelaskan bahwa even Ngembarik de Belitung Timur memiliki beberapa tujuan penting.

“Ada beberapa tujuan yang ingin kita capai dari even ini. Kita ingin menjejaki sejarah kebudayaan Melayu Belitong. Kita juga ingin memanfaatkan budaya lokal sebagai suguhan bagi wisatawan, dan juga ingin mempekenalkan beragam warisan budaya,” jelas Evi.

Evi berharap dengan adanya even pariwisata ini dapat menjadi daya tarik baru dan meningkatkan kunjungan wisatawan ke Pulau Belitung, khususnya Belitung Timur.

“Kami berharap dengan adanya even ini dapat menjadi daya tarik tersendiri bagi pariwisata dan dapat meningkatkan kunjungan wisatawan ke Pulau Belitung, khususnya Belitung Timur,” tambahnya.

Serangkaian kegiatan pada even pariwisata Ngembarik de Belitong Timur, antara lain Seminar Daerah “Ngangkit Teras Terendam”: Menjajaki Peran Penggawe Adat sebagai Pengawal Budaya, Gawai Ngemping, Bedah Buku Warisan Simpang Tige, Jelajah Budaya Simpang Tige, Seria’an Ngupi Kite Ngembarik dan Workshop Kemahiran dan Permainan Tradisional, Gawai Ngelepat Gede, serta acara puncak dengan sajian 1001 Dulang de Maras Taun Sajian Santap Bersama untuk 4004 orang.

 

Penulis: Ernawati Arif

Dok: Disbudpar Belitung Timur