Mengenal Generasi Pesona Indonesia Bangka Belitung

Pangkalpinang – Generasi Pesona Indonesia (GenPI) adalah komunitas yang menyenangi pariwisata yang berperan mempromosikan pariwisata di seluruh Indonesia. Sebagai salah satu destinasi prioritas Indonesia, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Bangka Belitung) juga sudah memiliki GenPInya sendiri.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Bangka Belitung, Rivai menanggapi optimis bahwa GenPI Bangka Belitung dapat membantu Pemerintah dalam mempromosikan Pariwisata.

“Mereka ini anak-anak muda yang semangat, senang pariwisata, dan aktif di media sosial. Kita berharap dengan partisipasi mereka, dapat semakin menggencarkan promosi pariwisata daerah kita, tidak hanya di nusantara tapi juga manca negara,” ucap Rivai melalui saluran telepon, Rabu (12/4/2018).

GenPI Bangka Belitung dibentuk pada 9 Desember 2017 lalu, bertepatan penyelenggaraan Babel 10K. GenPI Bangka Belitung diketuai oleh Iman Taufik (25), mahasiswa IAIN SAS Bangka Belitung yang berlatar belakang seorang pekerja sosial.

Menurut keterangan Iman, GenPI Bangka Belitung merupakan salah satu GenPI yang paling aktif se-Indonesia.

“Walau pun GenPI Bangka Belitung masih seumur jagung, tapi berdasarkan data postingan di medsos, kita ke-3 yang paling aktif, setelah Lombok dan Sumbawa,” kata Iman yang datang ke Disbudpar Babel dalam rangka persiapan terkait kedatangan Menpar RI ke Pulau Bangka pada hari yang sama.

Iman menjelaskan bahwa GenPI juga merupakan pengejawantahan program promosi wisata “go digital” yang sedang digiatkan Kemenpar RI dalam rangka pemasaran pariwisata Indonesia.

“Zaman sekarang semua serba digital. Kemenpar pun tidak ketinggalan untuk memanfaatkan moment ini untuk mempromosikan pariwisata Indonesia. Dan upaya ini dilakukan serentak oleh seluruh GenPI di Indonesia,” jelasnya.

Iman juga menambahkan bahwa tidak ada batasan untuk menjadi anggota GenPI selama menyukai pariwisata dan mau mempromosikannya.

“Siapa pun boleh jadi anggota GenPI, tinggal daftar online di www.genpi.co. Syaratnya mudah tidak ada politik, SARA, atau hate speech,” tambahnya.

Awal pembentukan, lanjut Iman, GenPI hanya beranggota 12 orang. Saat ini sudah berjumlah 60 orang dan terus bertambah, karena 1 bulan ke depan ada program penambahan anggota dan followers.

Selain itu, Iman juga menyampaikan bahwa tugas GenPI tidak hanya mempromosikan pariwisata secara online, tapi juga offline.

“Kita tidak hanya mempromosikan pariwisata di berbagai media sosial, tapi kita juga ada tugas offline-nya, seperti program atau event-event pariwisata,” kata Iman.

Iman berharap, dengan GenPI dapat membantu Pemerintah menduniakan pariwisata Bangka Belitung.

 

Penulis : Ernawati Arif (Pranata Humas)

Foto      : Ernawati Arif