Pacu Kinerja Disbudpar Babel dan Bakukan “Come & Explore Bangka Belitung”

Pangkalpinang – Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Kepulauan Bangka Belitung merupakan salah satu dinas yang dituntut Gubernur Kepulauan Bangka Belitung untuk terus berpacu meningkatkan peran dan kinerjanya dalam pengembangan pariwisata Bangka Belitung. demikian dikatakan Yan Megawandi, Sekretaris Daerah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung saat memimpin apel pagi di Kantor Disbudpar Babel, Air Itam, Pangkalpinang, Kamis (18/1).

Sebagai sektor yang bertugas mempromosikan dan memasarkan potensi pariwisata Bangka Belitung, setiap kegiatan baik yang bersifat kebudayaan dan pariwisata akan menjadi sangat penting untuk dapat diselenggarakan dengan sebaik-baiknya.

“Gubernur kita adalah sosok yang sangat concern terhadap hal-hal yang memberikan efektivitas, terutama dalam pelaksanaan kegiatan. Kegiatan tidak boleh asal terselenggara. Beliau akan sangat detail meninjau segala sesuatu persiapannya, mulai dari susunan acara, pelaksanaannya, dan sebagainya,” kata Yan.

Kegiatan kebudayaan dan pariwisata yang merupakan bentuk-bentuk upaya branding dan pencitraan harus terus ditingkatkan. Yan menyarankan agar jargon pariwisata Babel, yakni “Come & Explore Bangka Belitung” dapat segera dibakukan.

“Branding dan pencitraan itu satu kesatuan dan saling berhubungan. Supaya branding pariwisata kita menjadi tegas dan terarah, sebaiknya “Come & Explore Bangka Belitung” itu segera diajukan saja kepada Gubernur untuk dibakukan,” tambah Yan.

Semakin tegasnya arah kepariwisataan suatu daerah akan memberikan identitas tersendiri bagi daerah bersangkutan. Hal ini didukung kondisi kepariwisataan Bangka Belitung yang saat ini telah meraih berbagai capaian pesat dalam membuktikan jati dirinya di panggung kepariwisatan nasional mau pun internasional.

 

Penulis        : Ernawati Arif (Prahum Disbudpar Babel)

Foto             : Rafiq Elzan

Updater      : Rafiq Elzan