Pantai Nyiur Melambai

 
Pantai Nyiur Melambai Belitung Timur lebih dikenal masyarakat setempat sebagai Pantai Lalang, karena letaknya berada di Desa Lalang. Lokasi pantai ini berada di sebelah barat daya reruntuhan Oliepier, Kota Manggar, Belitung Timur. Jarak yang ditempuh untuk bisa ke pantai ini sekitar 1,5 Km dari ibukota kabupaten Belitung Timur, Manggar. Akses jalan menuju pantai ini juga sangat bagus dan wisatawan dapat menggunakan motor atau mobil untuk menuju kesana. Adanya petunjuk jalan memudahkan wisatawan. Selain menyewa kendaraan, untuk menuju ke Pantai Nyiur Melambai wisatawan juga bisa menggunakan jasa ojek dengan tarif Rp.10.000,./orang. Pilihan lainnya adalah wisatawan dapat menggunakan sepeda yang bisa disewa di hotel tempat menginap, sehingga dapat lebih santai sambil menikmati pemandangan Kota Manggar.
 
Di pantai ini juga sering diadakan aneka macam perlombaan dan festival kesenian daerah. Kegiatan yang sering dilakukan di pantai ini dilaksanakan dipanggung yang terletak di sebelah kanan pantai pada saat kita memasuki kawasan pantai. Biasanya acara yang sering diadakan di pantai ini adalah acara pemilihan bujang dan dayang kabupaten Belitung Timur. Selain itu, area bermain anak-anak juga terdapat di bagian kanan pantai, dengan tulisan Nyiur Melambai yang besar di depan area bermain anak-anak. Selain itu, juga terdapat beberapa warung makanan yang menyediakan makanan berupa cemilan dan minuman khas pantai, serta kelapa muda.
 
Tersedia kamar mandi umum bagi pengunjung di pantai ini sehingga memudahkan pengunjung jika bermain dalam waktu yang lama di pantai ini. Selain itu terdapat pula fasilitas lain seperti lapangan voli pantai, lapangan futsal, dan saung di pinggir pantai yang dapat digunakan oleh wisatawan untuk bersantai dan berteduh. Di akhir pekan, pantai ini ramai dikunjungi oleh warga lokal yang menghabiskan waktu libur mereka baik itu bersama keluarga maupun teman-teman. Pemandangan yang ada di pantai ini membuat suasananya sangat cocok menjadi tempat bermain dan bersantai.
 
Di tepi pantai Nyiur Melambai banyak terdapat pohon cemara yang berjejer rapi. Berbeda dari pantai lainnya yang biasanya dipenuhi oleh pohon kelapa di tepiannya, pantai ini memiliki pohon cemara sebagai gantinya. Lebih dekat ke tepian Pantai Nyiur Melambai, terlihat bibir pantai yang lebar dan panjang, berhias pasir putih yang bersih dan halus.. Ombaknya yang tidak besar membuatnya cukup aman bagi anak-anak untuk bermain dan mandi.
Penulis: Jenny Rizal
Editor: Rusni

Destinasi Lainnya

Bangka Belitung, Culinary
Kota Pangkalpinang, Culture and Arts
Beach/Marine, Kabupaten Bangka Tengah
Beach/Marine, Kabupaten Bangka Barat
Heritage, Kabupaten Bangka Barat

Destinasi Terkait

Beach/Marine, Kabupaten Belitung Timur
Nature, Beach/Marine, Culture and Arts, Culinary, Kabupaten Belitung, Kabupaten Belitung Timur
Beach/Marine, Special Interest, Kabupaten Belitung Timur
Beach/Marine, Kabupaten Belitung Timur
Beach/Marine, Special Interest, Kabupaten Belitung Timur