Pantai Pala

Bahasa Indonesia/ English
 
Pantai Pala terletak di Dusun Pala, Desa Teluk Limau Kecamatan Parit Tiga, Bangka Barat. Berjarak sekitar 150 KM dari Pangkalpinang sebagai ibu kota Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, pantai ini bisa ditempuh selama 2,5 sampai dengan 3 jam perjalanan menggunakan kendaraan pribadi.
 
Lokasi pantai yang tidak jauh dari pemukiman menjadikan akses menuju  Pantai Pala cukup mudah. Ini salah satu keunggulan jika dibandingkan dengan beberapa pantai yang tersebar di wilayah Teluk Limau
 
 
Salah satu keunikan Pantai Pala adalah airnya yang berwarna merah pada titik pertemuan antara sungai yang mengalir dari daratan dan pantainya, lokasinya sekitar 100 meter sebelah kanan dari akses masuk pantai.
 
 
Kepenatan karena kegiatan sehari-hari ataupun karena jarak tempuh seakan tak terasa ketika memasuki kawasan pantai ini. Kita akan disambut oleh pemandangan pantai eksotis khas Bangka Belitung dengan perpaduan antara laut yang biru jernih, pasir putih dan bebatuan berukuran besar.
 
Pengunjung juga bisa mandi di pantai dengan aman karena pada beberapa bagian pantai terlindungi oleh pulau-pulau kecil dari gelombang besar. Meskipun begitu pengunjung harus tetap berhati-hati karena adanya bebatuan.
 
 
Bagi para penggemar snorkeling, pantai ini bisa menjadi pilihan karena terumbu karang yang masih terjaga dan tidak jauh dari pinggir pantai. Pantai Pala juga bisa dijadikan tempat hunting photo bagi photographer atau dijadikan lokasi photo pra-wedding.
 
Bebatuan yang mengarah ke laut terutama pada bagian ujungnya, biasanya dijadikan tempat memancing bagi warga sekitar. Hal tersebut bisa jadi daya tarik sendiri bagi pengunjung yang mempunyai hobby memancing. Tetapi jika tertarik mencoba, sebaiknya dilakukan bersama warga setempat yang lebih mengerti medannya.