Pantai Serdang

 
Pantai Serdang merupakan salah satu tujuan wisata yang ada di Kota Manggar, Kabupaten Belitung Timur. Jarak pantai dari Bandara H.AS.Hanandjoeddin sekitar 75 Km atau kira-kira 1,5 jam perjalanan. Sedangkan jarak Pantai Serdang dari tengah kota Manggar yaitu sekitar 1,5 Km. Transportasi yang dapat digunakan adalah rental mobil atau motor, wisatawan juga dapat menggunakan jasa ojek dan hanya perlu membayar sekitar Rp.10.000,-/orang untuk dapat kesana. Letaknya yang berada didalam kawasan Kota Manggar membuatnya mudah diakses dan jalannyapun telah diaspal dan cukup lebar sehingga tidak akan sulit untuk dilalui. Pantai ini menghadap Laut Cina Selatan di sisi timur Pulau Belitung. Lautan yang luas membuat ombak di pantai ini cenderung lebih besar dibandingkan pantai-pantai Belitung lainnya yang terkenal dengan ombaknya yang tenang.
 
Garis pantai ini tergolong panjang, sekitar 500 M dengan pasir putih dan tekstur dari pasirnya yang halus membuat kaki kita terasa nyaman saat menapaki pinggir pantai. Sama halnya dengan pantai pada umumnya, di pesisir Pantai Serdang juga ditumbuhi dengan batang pohon yang rindang sehingga menambah sejuk suasana pantai. Uniknya, jika biasanya daerah pantai dipenuhi dengan pepohonan kelapa atau cemara, di Pantai Serdang terdapat jejeran pohon pinus yang membuat suasana pantai sedikit berbeda. Berfoto diantara pepohonan pinus dengan angin sepoi-sepoi yang menyapa tubuh bisa diabadikan dengan kamera utuk koleksi di media sosial wisatawan yang berkunjung. Pantai Serdang selain menjadi tempat wisata para wisatawan baik lokal mapun internasional, juga dijadikan tempat menyelenggarakan kegiatan besar, seperti perayaan Tahun Baru, Konser music dan event-event besar lainnya, termasuk juga kegiatan outbond.
 
Pantai Serdang juga menjadi pilihan terbaik untuk mereka yang ingin melihat indahnya Sunrise atau matahati terbit. Meski begitu, bukan berarti senja dipantai ini tidak menarik. Hanya saja karena letaknya ada disebelah timur dari Pulau Belitung, sehigga pemandangan saat matahari terbit terlihat jauh lebih cantik. Dan juga, wisatawan yang datang ke pantai ini dapat menikmati wisata kuliner yang disediakan oleh warung-warung sederhana di pinggir pantai. Warung-warung tersebut selain menyediakan cemilan dan minuman dingin yang segar, juga menyediakan makanan yang berbahan dasar seafood. Tentunya seafood yang digunakan masih segar karena merupakan hasil tangkapan nelayan yang mencari nafkah dari Pantai Serdang. Suasana pantai yang tenang dan angin yang berhembus sepoi-sepoi akan menyempurnakan santap para wisatawan dipantai ini.
 
Selain berfoto, santap kuliner serta menikmati indahnya matahari terbit, Pantai Serdang juga sebagai tempat bermain pada saat akhir pekan. Kegiatan yang bisa dilakukan adalah bermain pasir, berjalan menyusuri pantai atau bahkan berenang di bibir pantai. Jika diperhatikan, di bawah pohon-pohon pinus yang berjejer dipinggir pantai terdapat barisan perahu Katir warna warni. Penduduk setempat memarkir perahu mereka dengan rapi di sini. Perahu-perahu nelayan ini datang dalam berbagai warna-warni menambah keindahan dan kecantikan Pantai Serdang. Jejeran perahu warna-warni ini bisa juga dijadikan sebagai tempat untuk berselfie ria, yang tentunya akan menarik dipajang pada akun sosial media.
 

Penulis: Jenny Rizal
Editor: Rusni
 
 
 
 
 
 

Destinasi Lainnya

Bangka Belitung, Culinary
Kota Pangkalpinang, Culture and Arts
Beach/Marine, Kabupaten Bangka Tengah
Beach/Marine, Kabupaten Bangka Barat
Nature, Kota Pangkalpinang, Culture and Arts

Destinasi Terkait

Nature, Kabupaten Belitung Timur
Nature, Kabupaten Belitung Timur
Bangka Belitung, Nature, Culinary, Kabupaten Belitung, Kabupaten Belitung Timur
Nature, Beach/Marine, Culture and Arts, Culinary, Kabupaten Belitung, Kabupaten Belitung Timur
Nature, Kabupaten Belitung Timur