Pantai Tongaci

Bahasa Indonesia/ English
 
Pantai Tongaci berada di Kampung Pasir, Sungailiat, Kabupaten Bangka, sekitar 3 kilometer dari Jalan Raya Sungailiat – Belinyu menuju ke Kawasan Wisata Matras. Pantai ini merupakan sebuah marina dan kawasan rekreasi serta penangkaran penyu.
 
 
Pantai Tongaci berpasir putih halus dan tidak memiliki banyak batuan granit seperti kebanyakan pantai-pantai di Bangka Belitung. Kawasan pantainya telah direkayasa dan dilengkapi dengan fasilitas-fasilitas rekreasi dan fasilitas pendukung lainnya, seperti kamar bilas dan toilet, serta beberapa amenitas seperti restaurant dan tempat pertemuan. Terdapat pula beberapa villa yang dapat menjadi akomodasi wisatawan yang terletak di area Batavia Resort, disebelah pantai ini.
 
 
Pantai Tongaci lebih dikenal sebagai tempat penangkaran penyu. Di pantai ini, terdapat sebuah kolam berisi penyu-penyu hijau (Chelonia Midas) dan Penyu Sisik (Eretmochelys Imbricata), bak-bak untuk menampung tukik-tukik, serta area penangkaran di dalam marina .  Konservasi penyu ini dijalankan oleh Yayasan Tukik Babel yang sebelumnya melakukan penangkaran di Pantai Batavia. Pada jam-jam tertentu, pengunjung dapat mendengar bel tanda makan bagi penyu dan menyaksikan penyu-penyu tersebut diberi makan oleh para petugas.