Pelangi Warna Warni, Parade Kostum yang Keren Dari Belitung Timur

Pangkalpinang – Satu lagi fashion carnaval yang akan ikut memeriahkan hari lahir Kota Manggar ke-147 tahun, yakni “Pelangi Warna Warni”. Pelangi Warna Warni merupakan suatu parade kostum tematik yang akan berlangsung di beberapa ruas jalan protokol di Kota Manggar, pada 10 Oktober 2018 mendatang, sehari setelah pelaksanaan Batik Beltim Fashion Show.

 

Menurut Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Belitung Timur, Evi Nardi bahwa Pelangi Warna Warni tak kalah menariknya dengan fashion carnaval yang ada di daerah lain.

 

“Belitung Timur punya Pelangi Warna Warni, yakni fashion carnaval yang memperagakan berbagai kostum yang dibuat semenarik mungkin. Para peserta beradu kreativitas dalam membuat kostum-kostumnya. Parade kostum ini tidak kalah menariknya dengan yang ada di daerah-daerah lain,” kata Evi saat diwawancarai melalui sambungan telepon, Selasa (14/8/2018).

 

Fashion carnaval yang telah digalakkan sejak 2011 ini akan mengambil start di Lapangan Yagor dengan rute melewati Puncak – Dispensasi – Pasar – Jalan Bioskop Mega, dan finish di Tugu 100 Warkop. Tahun ini, para peserta Pelangi Warna Warni akan membawakan kostum dengan tema Budaya Nusantara dan juga Flora Fauna untuk memperebutkan total hadiah senilai 37 juta rupiah.

 

Evi mengatakan bahwa Pelangi Warna Warni sangat diminati baik masyarakat mau pun wisatawan.

 

“Parade kostum ini tidak hanya menjadi hiburan bagi yang menontonnya, tapi masyarakat dan juga wisatawan juga tertarik untuk ikut serta menampilkan hasil kreativitas mereka,” katanya.

 

Besarnya daya tarik dari parade kostum ini, menjadikan Pelangi Warna Warni sebagai salah satu media promosi pariwisata Belitung Timur.

 

“Tidak sekedar parade kostum, tapi disinilah kita sekaligus memanfaatkan moment ini sebagai media promosi pariwisata Belitung Timur,” lanjut Evi.

 

Peranciscus Aryanto, Kepala Seksi Kelembagaan Kepariwisataan juga mengatakan bahwa Pelangi Warna Warni juga menjadi daya tarik bagi para peserta Sail Indonesia.

 

“Pelangi Warna Warni ini biasanya dilaksanakan bersamaan dengan penyelenggarakan event Sail Indonesia. Fashion carnaval ini menjadi suguhan yang menarik buat para yachter, ketika mereka berada di sini. Biasanya mereka berfoto dan mem-post di akun media sosial mereka. Sehingga, ini menjadi suatu upaya promosi pariwisata,” kata Peran.

  

Menurut Peran, sebuah parade kostum tematik dapat menjadi suatu daya tarik untuk meningkatkan kunjungan wisatawan ke Belitung Timur, baik wisatawan nusantara mau pun mancanegara,

 

“Kita harus kreatif dalam melakukan upaya promosi pariwisata, seperti parade kostum Pelangi Warna Warni ini. Tidak hanya jadi tontonan yang menarik, tapi masyarakat dan wisatawannya juga ingin ikut memperlihatkan kebolehannya membuat kostum yang menarik. Hal ini dapat menjadi salah satu cara kita mendatangkan wisatawan ke Belitung Timur,” katanya.

 

Untuk dapat ikut serta dalam parade kostum ini, dapat menghubungi 2 nara hubung yakni Peran (087797663688) dan Nanda (081809415778).

 

Penulis   : Ernawati Arif (Prahum Disbudpar Babel)

Sumber  : Disbudpar Belitung Timur

Foto        : Disbudpar Belitung Timur