Peluncuran Film Martabak Bangka Dalam Manisnya Bangka Belitung

 

Pangkalpinang – Film karya putera Bangka berjudul Martabak Bangka akan diluncurkan dalam expo bertajuk Manisnya Bangka Belitung, pada 25 hingga 28 April 2019, di Pondok Indah Mall II, Street Gallery, lantai 2, Jalan Metro Pondok Indah Kav. IV, Jakarta Selatan.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Disbudpar Babel) Rivai mengatakan bahwa peluncuran film Martabak Bangka dapat menjadi momen berharga bagi kepariwisataan Bangka Belitung.

“Film Martabak Bangka dan acara peluncurannya ini sendiri menjadi momen penting untuk mengingatkan kembali masyarakat akan Bangka Belitung, khususnya pariwisatanya,” kata Rivai usai rapat persiapan peluncuran film Martabak Bangka, di kantor Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Pangkalpinang, Kamis (18/4/2019).

Menurut Rivai, hal ini sangat penting karena kesuksesan kepariwisataan harus dikelola dengan baik, agar terus diingat oleh wisatawan.

“Setelah nama Bangka Belitung dikenal oleh masyarakat luas, hingga manca negara, bukan berarti sudah tidak ada lagi yang harus kita lakukan. Kita harus me-maintain kepariwisataan kita ini dengan even-even yang momental, seperti salah satunya film Martabak Bangka ini, agar selalu diingat oleh wisatawan,” ujarnya.

Film yang menceritakan tentang kearifan masyarakat Bangka dalam berkehidupan ini dibintangi oleh Ramon Y Tungka, Ario Astungkoro,Gabriel Desta, Anyun, Abah Yusef, Samirah Rizky, Ajul Jiung, Paulus Djauhari, dan Claresta.

Dalam film ini juga memperlihatkan sejumlah daya tarik wisata yang ada di Pulau Bangka, seperti Pantai Indah Batu Bedaun di Bangka, Jembatan Emas di Pangkalpinang, Danau Biru di Bangka Tengah, Kampung Gedong Belinyu, dan lain-lainnya.

Arbi Leo selaku produser eksekutif film Martabak Bangka mengakui sebagai putera asli Bangka, dirinya merasa terpanggil untuk ikut mempromosikan pariwisata Bangka Belitung.

“Saya tertarik membuat film Martabak Bangka, karena selain isi cerita filmnya sangat bagus dan menarik, sebagai putra daerah saya terpanggil untuk mempromosikan kampung halaman kita (Pulau Bangka), bahwa Bangka layak untuk dikunjungi wisatawan karena memiliki keindahan alam yang luar biasa,” kata Arbi.

Selain meluncurkan film Martabak Bangka, expo Manisnya Bangka Belitung akan menampilkan produk UMKM dan hasil kerajinan daerah, produk investasi, industry, properti dan pertambangan, handicraft dan produk homemade, produk pertanian dan perkebunan, dan makanan tradisional.

 

Penulis                   : Ernawati Arif

Foto/ilustrasi           : Film Martabak Bangka