Pemkab Bangka Kembali Hadirkan Sungailiat Triathlon

Pangkalpinang – Pemerintah Kabupaten Bangka kembali menyelenggarakan Sungailiat Triathlon, di Pantai Tanjung Pesona, Sungailiat, Bangka, Sabtu (21/4/2018) nanti. Event sport tourism yang memadukan olahraga renang, sepeda, dan lari ini mengambil rute Pantai tanjung Pesona, Puri Tri Agung, Pantai Air Anyir, dan jalan utama Kota Sungailiat.

Menurut Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Disbudpar Babel), Rivai berpendapat bahwa Sungailiat Triathlon merupakan kesempatan untuk mempromosikan pariwisata, khususnya yang ada di Lintas Timur, Sungailiat, Bangka.

“Selain Indonesia, Sungailiat Triathlon juga diikuti oleh peserta dari manca negara. Ajang sport tourism ini dapat kita jadikan sebagai media promosi pariwisata dengan mengajak mereka melewati sejumlah obyek-obyek wisata yang indah, di Lintas Timur, Sungailiat, Bangka,” kata Rivai yang ditemui di kantor Disbudpar Babel, Pangkalpinang, Senin (16/4).

Disamping itu, Rivai juga mengatakan bahwa daya tarik Sungailiat Triathlon tidak hanya pada olahraganya, tapi juga rute yang dilewati.

“Memang mungkin semua peserta Sungailiat Triathlon ini para penggemar olahraga. Tapi rute yang disiapkan untuk mereka lewati juga menjadi suatu daya tarik sehingga kegiatan ini menjadi salah satu event sport tourism yang mereka tunggu-tunggu di Pulau Bangka,” tuturnya.

Pernyataan senada juga diberikan Indrata Yusaka, salah seorang Pejabat Esselon III Dinas Pariwisata, Kepemudanaan, dan Olahraga Kabupaten Bangka bahwa animo Sungailiat Triathlon tahun ini meningkat.

“Animo peserta tahun ini luar biasa, bahkan meningkat sekitar 3 kali lipat dari tahun sebelumnya,” kata Indrata.

Ajang ini, lanjut Indrata, merupakan ajang yang tepat mempromosikan pariwisata Kabupaten Bangka melalui rute yang melewati sejumlah obyek wisata yang indah sebagai daya tarik dari Sungailiat Triathlon.

Sejak tahun 2013, event yang diselenggarakan dalam rangka HUT Kota Sungailiat ke-525 (tahun 2018) ini bertujuan untuk meningkatkan kunjungan wisatawan baik nusantara dan manca negara ke Kabupaten Bangka dan secara global turut mensukseskan capaian target kunjungan wisatawan nasional.

Sejumlah negara yang terdaftar sebagai peserta, diantaranya Algeria, Australia, Denmark, Ethiopia, Perancis, Jerman, Hungaria, India, Indonesia, Jepang, Malaysia, New Zealand, Portugal, dan lain sebagainya.

Ajang ini memperlombakan 3 (tiga) kategori, yaitu Long Distance (1,9 km renang, 90 km sepeda, dan 21,1 km lari), Standart Distance (1,5 km renang, 40 km sepeda, dan 10 km lari), dan Sprint (750 m renang, 20 km sepeda, dan 5 km lari).

 

Penulis : Ernawati Arif (Pranata Humas)

Foto      : LariKu.info