Penempatan yang Tepat Bantu Optimalkan Peran Pegawai Fungsional

visitbangkabelitung.com – Penempatan pegawai fungsional di Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Disbudpar Babel) sudah sebagaimana mestinya. Dengan demikian mereka dapat memenuhi tugas-tugas kefungsionalannya sesuai dengan peraturan kementerian/lembaga yang mengayomi.

Selain disampaikan saat rapat bersama Biro Organisasi, hal ini juga disampaikan Engkus Kuswenda, Sekretaris Disbudpar Babel saat melakukan pembinaan kepada enam pegawai fungsional lingkungan Disbudpar Babel, di ruang kerjanya, Rabu (28/2/2018).

Enam orang pegawai fungsional tersebut terdiri dari dua orang Pranata Komputer, satu orang Pranata Humas, dan tiga orang Penerjemah. Keenam pegawai fungsional ini tidak ditempatkan di bidang, tapi memiliki ruang tersendiri khusus pegawai fungsional.

“Pegawai fungsional di Disbudpar Babel memiliki ruang khusus pegawai fungsional. Jadi mereka dapat bekerja sesuai dengan peraturan dari kementerian atau lembaganya masing-masing. Kalau Pranata Komputer dan Pranata Humas ini di Kementerian Komunikasi dan Informatika, dan Penerjemah di Sekretariat Kabinet,” kata Engkus.

Engkus menilai para pegawai fungsional di lingkungan Disbudpar Babel senang dengan pekerjaannya masing-masing. Hal ini dilihat dari minimnya kendala atau hambatan yang dikeluhkan oleh para pegawai fungsional bersangkutan.

“Kalau saya lihat, mereka cukup senang dengan tugasnya masing-masing. Saya juga secara berkala menanyakan kendala dan kebutuhan mereka. Hal ini penting, supaya mereka dapat mengaplikasikan tugas-tugas mereka di dinas ini dengan optimal,” kata Engkus.

Selain itu, Engkus yang telah mengenyam pengalaman sebagai pegawai fungsional guru selama dua belas tahun ini juga menuturkan bahwa penempatan pegawai fungsional lingkungan Disbudpar Babel saat ini guna mengoptimalkan peran kefungsionalan tersebut dalam mendukung program atau kegiatan Disbudpar Babel.

“Kalau menurut saya, penempatan pegawai fungsional saat ini sudah tepat. Dari sini mereka bisa menyesuaikan tugas-tugas mereka terhadap kegiatan-kegiatan yang diselenggarakan Disbudpar Babel. Sehingga, mereka dapat memaksimalkan tugas serta peran kefungsionalan mereka,” tutur Engkus.

Saat ini, lanjut Engkus, para pegawai fungsional dibina dalam rangka pengisian Catatan Harian Kinerja Pegawai (CHKP) online yang akan segera diterapkan. CHKP online juga membuat pekerjaan terekam dengan baik dan teratur.

“Salah satu poin pembinaan hari ini adalah pengisian CHKP online. Kalau sudah online, tugas-tugas para pegawai fungsional ini bisa langsung dilihat per hari. Jadi lebih mudah dan terekam semuanya,” kata Engkus yang pernah menjabat sebagai Kepala Bidang Kebudayaan selama tujuh tahun.

Meskipun bekerja sesuai dengan bidang fungsionalnya, para pegawai fungsional juga kerap dilibatkan dalam penyelenggaraan kegiatan Disbudpar Babel. Dengan kata lain, program atau kegiatan yang ada dapat menyerap tugas-tugas kefungsionalan dengan baik dan selaras.

 

Penulis                   : Ernawati Arif (Prahum Disbudpar Babel)

Foto                        : Rafiq Elzan