Penganan Pelite

 
Menginjakkan kaki di kota Muntok yang merupakan kota paling ujung barat pulau Bangka mempunyai arti tersendiri. Kota Muntok yang sudah terdaftar sebagai salah satu Kota Pusaka di Indonesia ini magnetnya begitu kuat. Kota tua ini didirikan oleh Abang Pahang, mertua Sultan Mahmud Badaruddin I (1755-1750) pada tahun 1722 dan menjadi Karesidenan Bangka Belitung, sebelum dipindahkan oleh Residen J. Englenberg ke Pangkalpinang pada tahu 1907. Kota ini didominasi oleh bangunan-bangunan tua nan megah peninggalan kolonial Belanda, rumah-rumah panggung Melayu yang khas dan cantik, bedeng-bedeng dan gedung bernuansa Cina.
       
Tidak hanya dikenal sebagai kota sejarah, Muntok juga dijuluki sebagai kota Seribu Kue. Salah satu kue/penganan yang populer adalah kue yang bertekstur lembut berwarna putih beraroma khas pandan yang rasanya begitu lezat, Penganan Pelite (kue Pelite) namanya.
      
Konon, penganan satu ini menjadi kue favorit Bung Karno saat Sang Proklamator tersebut dibuang oleh Belanda ke kota Muntok – Bangka pada tahun 1949. Kue  bercita rasa manis ini merupakan penganan Bung Karno setiap pagi atau saat minum teh atau kopi di sore hari. Pun ketika beliau mengajak masyarakat Muntok berjalan-jalan ke pantai Tanjung Kalian- Muntok, kue ini wajib dibawa.
 
      
 
Penganan Pelite adalah kue yang dibuat dari tepung beras pilihan, santan, garam, dan gula putih, serta wadah berupa takir dari daun pandan. Cara membuatnya termasuk mudah. Pertama, siapkan air di dalam dandang untuk mengukus kue, letakkan di atas kompor sehingga ketika adonan siap bisa langsung dikukus. Selanjutnya, mengolah bahan-bahan tadi hingga menjadi adonan, yang dilakukan adalah tuangi tepung beras dengan santan kental sedikit demi sedikit ke dalam wadah atau baskom sambil diaduk, tambahkan garam, lalu diaduk lagi hingga adonan tidak berbutir dan tercampur rata. Kemudian siapkan takir daun pandan yang sudah dimasukkan gula pasir lalu tuang adonan ke dalamnya, masukkan ke dalam dandang yang airnya telah mendidih. Kukus kira-kira 20 menit lalu diangkat. Tata di atas piring, Penganan Pelite siap dinikmati.
      

Bila ingin lebih jelas cara dan takaran membuat Penganan Pelite, bisa berselancar di dunia maya. Masih juga kurang puas akan hasilnya, datang sajalah ke Kota Muntok dan langsung menikmati Penganan kesukaan Presiden pertama Republik Indonesia ini.


Penulis: Yuyun Tri Widowati
Editor: Yuliarsih
Photo: Rusni, Yuyun

Destinasi Lainnya

Bangka Belitung, Culinary
Kota Pangkalpinang, Culture and Arts
Beach/Marine, Kabupaten Bangka Tengah
Beach/Marine, Kabupaten Bangka Barat
Nature, Kota Pangkalpinang, Culture and Arts

Destinasi Terkait

Bangka Belitung, Kabupaten Bangka, Culinary, Kabupaten Bangka Barat
Nature, Culinary, Kabupaten Bangka Barat
Bangka Belitung, Kota Pangkalpinang, Kabupaten Bangka, Culinary, Kabupaten Bangka Tengah, Kabupaten Bangka Barat, Kabupaten Bangka Selatan