Perencanaan dan Koordinasi Yang Baik Kunci Bangun Destinasi

visitbangkabelitung.com – Dibutuhkan perencanaan dan koordinasi yang baik untuk membangun berbagai rencana dalam membangun dan mengembangkan suatu destinasi wisata. Demikian dikatakan Rusni Budiati, Kepala Bidang Destinasi Pariwisata, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Kepulauan Bangka Belitung saat dimintai tanggapan terkait destinasi wisata di Babel.

“Suatu destinasi wisata harus ada dokumen-dokumen perencanaannya. Dalam hal ini, sektor pariwisata tidak bisa berjalan atau bekerja sendiri, seperti pembangunan sarana dan prasarananya yang juga membutuhkan peran dari OPD lain,” kata Rusni saat ditemui di Kantor Disbudpar Babel, Kamis (11/1).

Hal serupa juga disampaikan Rivai, Kepala Disbudpar Babel bahwa selain Pemerintah, juga dibutuhkan peran dari pihak swasta. “Kita tidak bisa berdiri sendiri. Harus dibantu oleh pihak lain seperti komunitas pariwisata atau swasta. Jalin hubungan baik dan jangan mengklaim ini suksesnya siapa atau karena siapa,” jelas Rivai.

Disamping itu, lanjut Rusni, hal penting yang juga akan sangat berpengaruh dalam pengembangan suatu destinasi wisata adalah masyarakat yang ada di destinasi itu sendiri. Keinginan, pola pikir, dan keinginan mereka menentukan perkembangan suatu destinasi wisata.

Jika dikaitkan dengan jumlah kunjungan wisatawan, Babel mencapai hingga 22% dari target semula 12%. Data ini berdasarkan jumlah tamu yang menginap di hotel berbintang, hingga November 2017.

Rusni juga mengatakan masih ada destinasi wisata yang harus di-rebrand, agar dapat tetap eksis dan tidak terbengkalai. “Destinasi-destinasi yang sudah ada juga masih ada yang perlu di-rebrand atau penyegaran kembali. Jangan hanya ramai atau bagus diawalnya saja, tapi kemudian ditinggalkan atau tidak dikelola dengan baik,” kata Rusni.

Menurut Rusni, rebranding destinasi di Babel tidak dapat dilepaskan dari “ketimahannya”. Karena timah merupakan pemberian Tuhan YME sejak dulu, di daerah Kepulauan Bangka Belitung.

 

Penulis : Ernawati Arif (Prahum Disbudpar babel)

Updater : Rafiq Elzan

Foto      : Istimewa