Pertama Kalinya Bersama Bekraf Indonesia, Disbudpar Babel Adakan Bimtek Ekraf

Visitbangkabelitung.com – Untuk yang pertama kalinya, Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) Indonesia bersama Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Disbudpar Babel) akan menyelenggarakan sebuah bimbingan teknis terkait ekonomi kreatif, yakni Bimbingan Teknis Pengembangan Pemasaran Produk/Jasa Kreatif Berbasis Online yang akan dilangsungkan di Hotel Novotel – Bangka, Pangkalan Baru, Bangka Tengah, Kamis (26/4/2018).

Dalam bimtek ini, Bekraf Indonesia bersama Disbudpar Babel akan menghadirkan salah satu situs belanja online, yakni Shopee sebagai pembicara.

Kepala Disbudpar Babel, Rivai mengakui bahwa tingkat pelaku ekonomi kreatif di Bangka Belitung yang menggunakan media online dalam hal ini website, masih rendah. Para pelaku ekraf lebih memilih menggunakan media sosial.

“Sebagian besar pemasaran produk/jasa kreatif para pelaku ekraf di Bangka Belitung masih dilakukan secara manual dan tradisional. Baru sedikit yang melakukan pemasaran secara online, itu pun hanya melalui media sosial, seperti Facebook, Instagram, dan WhatsApp. Belum kepada pemasaran online melalui website yang cakupannya jauh lebih luas,” kata Rivai yang ditemui di Ruang Kerjanya, Selasa (24/4).

Beliau berpendapat bahwa media sosial lebih banyak digunakan oleh para pelaku ekraf dikarenakan mudah dan murah.

“Zaman sekarang ini jarang sekali kita melihat orang yang tidak pegang atau tidak punya handphone. Apalagi banyak smartphone yang dijual dengan harga terjangkau. Dengan satu smartphone saja, mereka sudah bisa menggunakan beberapa media sosial atau instant messaging untuk menjual produk/jasanya,” jelas Rivai.

Rivai juga mengatakan bahwa sedikitnya para pelaku ekraf yang menggunakan website dapat diakibatkan oleh kurangnya informasi atau pengetahuan tentang pembuatan website itu sendiri.

“Mungkin para pelaku ekraf di daerah kita belum memiliki atau mendapatkan informasi bagaimana cara membuat website pribadi untuk menjual dagangannya. Atau kemana mereka bisa mendapatkannya. Nah ini menjadi concern bagi kita bersama untuk membantu mereka,” tuturnya.

Kepala Bidang SDP, Ekraf, dan Kelembagaan Disbudpar Babel, Widyastuti optimis bahwa kegiatan ini akan disambut baik oleh para pelaku ekraf di Bangka Belitung.

“Saya yakin bahwa kegiatan seperti ini akan sangat dinanti-nanti oleh para pelaku ekraf di daerah kita. Hal ini seiring dengan perkembangan pariwisata di Bangka Belitung. Apalagi nanti kita akan menghadirkan salah satu situs belanja online, yakni Shopee sebagai salah satu nara sumber. Mereka pasti akan semangat sekali,” kata Widya.

Bimtek Pengembangan Pemasaran Produk/Jasa Kreatif Berbasis Online yang diselenggarakan oleh Direktorat Pengembangan Pasar Dalam Negeri, Deputi Pemasaran Badan Ekonomi Kreatif RI difasilitasi oleh Disbudpar Babel ini akan diikuti oleh para peserta yang berasal dari instansi pemerintah terkait, para pelaku ekraf, dan akademisi.

 

Penulis : Ernawati Arif (Prahum Disbudpar Babel)

Foto      : Istimewa