Pulau Buku Limau

Buku Limau adalah desa yang berada di Kecamatan Manggar, Kabupaten Belitung Timur, Kepulauan Bangka Belitung, Indonesia. Buku Limau merupakan suatu desa kepulauan yang terdiri atas 18 pulau kecil yang relatif saling berjauhan. Menjelajahi pulau-pulau yang ada disekitar pulau Buku Limau pasti terasa menyenangkan. Dari 18 pulau tersebut, hanya 3 yang berpenghuni, dengan Pulau Buku Limau sebagai pusat administrasi pemerintahan, dengan jumlah penduduk yang masih sedikit sekitar 1.014 jiwa dengan jumlah KK sebanyak 297 KK.
 
Pulau ini terletak pada koordinat 2048’43” Lintang Selatan dan 108024’11” Bujur Timur dengan luas 87,75 Ha. Mayoritas mata pencaharian penduduk Pulau Buku Limau adalah sebagai nelayan, kurang lebih sebanyak 95%, sedangkan sisanya campuran, antara perkebunan, PNS,/Honorer, pertanian, peternakan,dll. Dengan jumlah penduduk yang tergolong masih sedikit itu, membuat pulau ini sangat tenang. Sangat cocok untuk mereka yang ingin menikmati ketenagan setelah bekerja ditengah hiruk pikuk kota. Nah, untuk wisatawan yang ingin mengunjungi pulau ini diharapkan membawa power bank atau baterai cadangan, dikarenakan listrik hanya ada pada malam hari, biasanya listrik dihidupkan pada jam 6 sore dan akan mati pada pagi hari. Tidak hanya itu saja, sinyal handphone pun sangat susah, hanya ditempat-tempat tertentu anda bisa mendapatkan sinyal, seperti dermaga atau tempat-tempat yang tinggi.
 
Untuk datang ke pulau ini, jika perjalanan menggunakan pesawat, maka wisatawan  harus  menempuh  perjalanan kurang lebih 75 Km menuju kota Manggar, ibukota dari Kabupaten Belitung Timur. Setibanya disana, wisatawan masih harus menyebrang lagi menggunakan kapal milik nelayan  yang  memang  digunakan  sebagai alat penyebrangan.  Desa Buku Limau dihuni oleh masyarakat Suku Bugis yang mulai mendiami pulau tersebut sekitar tahun 1950-an. Desa ini terpisah laut sejauh 12 km dari Pulau Belitung, sehingga dibutuhkan waktu kurang lebih 40 menit hingga 1 jam dari pelabuhan kota Manggar.
 
Pada saat tiba di pulau ini, banyak sekali kegiatan yang dapat dilakukan, bagi pecinta laut maka pulau ini adalah surganya untuk wisatawan yang mempunyai hobi snorkeling dan diving. Alam bawah lautnya yang masih alami, terumbu karang aneka warna, ikan-ikan kecil yang berada di sekitar karang membuatnya semakin semarak. Ada dua jenis terumbu karang yang akan banyak ditemukan di perairan Buku Limau yaitu, Cinola Sp dan Porites Lobata.
 
Bagi wisatawan yang ingin memancing, di pulau ini ada juga spot-spot yang bagus untuk para pemacing. Tidak hanya itu saja, berenang di sekitaran pantai, ataupun melihat biota laut dari atas perahu juga dapat dilakukan. Kondisi airnya yang jernih membuat kita dapat melihat biota laut di perairan dangkalnya. Jika ingin sesuatu yang berbeda, para wisatawan bisa berwisata ke area pemukiman penduduknya, melihat langsung bagaimana proses pembuatan ikan asin, mulai dari mengasinkan ikan hingga ke tahap pengeringannya. Bukan hanya itu saja, anda juga dapat melihat langsung rutinitas sehari-hari penduduk di Buku Limau, melihat kesederhanaan tempat tinggal mereka serta kebiasaan sehari-harinya pasti akan menyenangkan.
 

Penulis: Jenny Rizal
Editor: Rusni
Photo: Mina Arvah, Disbudpar Beltim

Destinasi Lainnya

Bangka Belitung, Culinary
Kota Pangkalpinang, Culture and Arts
Beach/Marine, Kabupaten Bangka Tengah
Beach/Marine, Kabupaten Bangka Barat
Beach/Marine, Kabupaten Belitung

Destinasi Terkait

Beach/Marine, Kabupaten Belitung Timur
Nature, Beach/Marine, Culture and Arts, Culinary, Kabupaten Belitung, Kabupaten Belitung Timur
Beach/Marine, Kabupaten Belitung Timur
Beach/Marine, Kabupaten Belitung Timur
Beach/Marine, Special Interest, Kabupaten Belitung Timur