Pulau Ludai

 
Batu besar, air laut yang bening serta hamparan terumbu karang merupakan ciri khas pantai dan laut di Bangka Belitung. Karena Bangka Belitung memiliki banyak pulau kecil, dibeberapa tempat biasanya orang dapat berwisata dari pulau ke pulau dengan menggunakan perahu nelayan.
 
Meskipun demikian, jika ingin ke pulau tanpa menyeberangi laut, kunjungilah Pulau Ludai. Ludai adalah pulau kecil di utara pulau Bangka yang dulunya sangat terkenal dan penting bagi masyarakat Bangka, karena disana berdiri tiang transmisi yang menyalurkan listrik dari kawasan Mantung menuju ke Parit Tiga, Jebus. Hanya saja,  saat ini tiang transmisi itu sudah dibongkar setelah tidak beroperasinya PLTU Mantung.
 
Pulau Ludai terletak tak jauh dari Pulau Besar,  pada masa pemerintahan Belanda laut yang memisahkan kedua pulau tersebut ditimbun dengan pasir dan tanah sehingga membentuk daratan. Pulau Ludai mulanya hanya pulau kecil seperti sebuah tanjung yang menjorok ke laut. Namun karena berasal dari sebuah pulau, maka hingga saat ini masyarakat tetap memanggilnya dengan sebutan asli, Pulau Ludai.
 
Apabila datang ke sini, sebelum memasuki kawasan akan terlihat pemandangan berupa kawasan bersejarah Mantung yang pernah menjadi tempat dibangunnya pembangkit tenaga listrik terbesar di Asia Tenggara di masa penjajahan. Begitu tiba di tujuan, akan disambut dengan pepohonan besar  beranting yang banyak menghiasi pulau ini. Batu-batu besar yang tersusun dan berdiri kokoh disertai deburan ombak yang menghempas turut mempercantik pulau ini.
 
Wisatawan juga dapat menikmati sunset di sore hari di Pulau Ludai sambil memancing ikan. Masyarakat di sekitar wilayah ini sebagian memanfaatkan waktunya dengan memancing, karena ternyata memang perairan Pulau Ludai  menyimpan banyak ikan. Selain menikmati keindahan pantai dan Pulau Ludai, wisatawan juga dapat melihat sisa-sisa kapal eks operasi PT Timah yang berada di pinggir laut dan puing-puing peninggalan PLTU yang dibangun pada jaman Belanda.

Penulis : Risnawati
Editor: Yuliarsih
Photo: Haryadi Rozali

Destinasi Lainnya

Bangka Belitung, Culinary
Kota Pangkalpinang, Culture and Arts
Beach/Marine, Kabupaten Bangka Tengah
Beach/Marine, Kabupaten Bangka Barat
Nature, Kota Pangkalpinang, Culture and Arts

Destinasi Terkait

Beach/Marine, Kabupaten Bangka
Beach/Marine, Kabupaten Bangka
Beach/Marine, Kabupaten Bangka
Beach/Marine, Kabupaten Bangka
Beach/Marine, Kabupaten Bangka