Puteri Pariwisata Indonesia Babel 2017, Banadhi: “Viralkan Potensi Pariwisata Bangka Belitung Melalui Media Sosial.”

Banadhi Kurnia Dewi, finalis asal Kota Pangkalpinang sebagai Juara I Puteri Pariwisata Indonesia Provinsi Kepulauan Bangka Belitung 2017

 

Sungailiat, Bangka – Bekerjasama dengan Pemerintah dan mengambil peran mewakili generasi muda dalam mempromosikan potensi pariwisata Bangka Belitung kepada dunia luar dengan salah satu cara yakni memviralkannya melalui media sosial, seperti instagram dan facebook. Demikian lah jawaban terakhir yang membawa Banadhi Kurnia Dewi, finalis asal Kota Pangkalpinang kepada mahkota Puteri Pariwisata Indonesia Provinsi Kepulauan Bangka Belitung tahun 2017.

Penobatan dilakukan langsung oleh Bella Arista, Puteri Pariwisata Babel 2016 didampingi Lois Merry Tangel, Puteri Pariwisata Indonesia 2016. Sementara Ezelinnata asal Belitung Timur menempati posisi Runner up I dan Maria Sefani asal Bangka Barat menempati posisi Runner up II.

Banadhi terpilih sebagai Juara I PPI Babel 2017 dari 16 finalis pada malam grand final yang dilangsungkan di Ballroom Parai Beach Resort and Spa, Sungailiat, Bangka, pada Sabtu (15/7/2017). Banadhi mengakui bahwa dirinya sama sekali tidak menyangka akan terpilih sebagai Puteri Pariwisata Indonesia Babel 2017, karena semua finalis sama-sama memiliki bakat dan kemampuannya masing-masing.

“Saya bersyukur dan bangga sekali bisa mewakili anak muda Bangka Belitung dalam ajang PPI Babel 2017 ini dan sama sekali tidak menyangka, karena semua finalis juga bagus-bagus dan memiliki bakatnya masing-masing,” kata Banadhi.

Setelah memenangkan PPI Babel 2017, Banadhi kembali akan berlaga di pemilihan PPI 2017 tingkat nasional bersama finalis dari seluruh provinsi di Indonesia. Terkait persiapannya, Banadhi mengatakan dirinya akan dibimbing oleh pihak El John Pageants.

Gubernur Kepulauan Bangka Belitung melalui Staf Ahli Bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan, Marwan mengatakan agar para finalis dapat membantu Pemerintah dalam mempromosikan potensi pariwisata Bangka Belitung ke dunia luar.

“Harapan kami, finalis Puteri Pariwisata Indonesia Provinsi Kepulauan Bangka Belitung 2017 ini dapat menjalankan perannya mempromosikan pariwisata Bangka Belitung ke dunia luar. Kalau tidak, maka pariwisata Babel ini tidak ada apa-apanya,” kata Marwan.

Selain itu Gubernur Babel juga berpesan agar Puteri Pariwisata Indonesia Babel yang terpilih dan juga para alumninya jangan hanya dijadikan pembawa baki dan mengalungkan bunga saja, namun dibuatkan wadah agar dapat berbuat lebih untuk kepariwisataan Bangka Belitung sesuai dengan tujuannya semula.

“Mereka ini memiliki potensi yang luar biasa dan kedepan kita harap mereka menjadi mitra strategis di bidang kebudayaan dan pariwisata untuk mempromosikan pariwisata daerah ini. Para puteri ini usai pemilihan, jangan sampai tidak ada apa-apa lagi, hanya untuk membawa baki dan mengalungkan bunga saja. Untuk itu harus ada wadah atau komunitas agar mereka dapat memaksimalkan link yang mereka miliki dalam rangka promosi pariwisata,” kata Marwan.

Malam grand final ini merupakan akhir dari rangkaian acara, dimana seluruh finalis telah mengikuti serangkaian kegiatan selama masa karantina sejak tanggal 12 hingga 15 Juli 2017, di lokasi yang sama. Berbagai pembekalan dari narasumber, kunjungan, hingga audiensi di Kantor Gubernur Babel telah diikuti.

Bertindak sebagai juri pada pemilihan PPI Babel 2017, antara lain Widyastuti (Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Babel), Agus Ismunarno (Media Laskar pelangi), Lois Merry Tangel (Puteri Pariwisata Indonesia 2016), Cindy Guinata (El John Pageants), dan Isnawaty Hadi (Batik Cual Ishadi).

 

Penulis                   : Ernawati Arif

Editor                     : Yuliarsih

Updater                  : Rafiq Elzan

Dokumentasi          : Rafiq Elzan

Sumber: 
Disbudpar Prov. Kep. Babel