Raker Kehumasan, Bambang: 2018, Geber Pranata Humas Babel!

Bambang Ari Satria, Staf Khusus Gubernur Babel Bidang Media

 

visitbangkabelitung.com – Awal 2018, kita geber Pranata Humas yang ada di Bangka Belitung. Demikian dikatakan Bambang Ari Satria, Staf Khusus Gubernur Bidang Media pada rapat kerja kehumasan JFT (Jabatan Fungsional Tertentu) Prahum (Pranata Humas), di Ruang Tanjung Pesona, lantai 1 Kantor Gubernur Babel, Air Itam, Pangkalpinang (9/1).

Menurut Bambang target 1 berita sehari masih dinilai sedikit, dalam artian setidaknya ada sekitar 32 berita yang beredar setiap harinya di setiap media instansi. Disamping pemberitaan, salah satu tugas Prahum adalah meng-counter atau menyeimbangkan pemberitaan negatif terkait Pemerintah yang beredar di masyarakat.

“Trend pemberitaan positif dan negatif sepertinya belum kita lakukan bersama. Misal jika ada salah satu media yang mem-frame berita dari sisi negatif, padahal sebenarnya banyak hal positif yang bisa diangkat, tugas kita menyeimbangkannya,” kata Bambang.

Pada kesempatan yang sama Yan Megawandi, Sekretariat Daerah Babel juga menyampaikan bahwa media instansi dapat diberdayakan secara optimal melalui para Prahum. “Kita punya kanal instansi, kanal bersama seperti babelprov.go.id, dan In Radio. Ini bisa menjadi wadah bagi Prahum untuk meningkatkan kinerja kehumasan mereka. Selain itu, media yang kita punya juga jadi lebih hidup dan berisi,” kata Yan.

Sementara K. A Cholil, Kepala Biro Humas dan Protokol Sekretariat Daerah Babel menyarankan agar Prahum dilibatkan dalam pelaksanaan kegiatan dinas. “Bagi OPD (Organisasi Perangkat Daerah.red) yang ada Prahumnya, agar dapat mengikut sertakan mereka pada setiap pelaksanaan kegiatan yang ada di OPD tersebut. Sehingga mereka mendapatkan kesempatan untuk menjalankan kinerja sebagaimana mestinya,” kata Cholil.

Rapat kerja kehumasan yang diikuti 32 (tiga puluh dua) Prahum di lingkungan Pemprov. Babel ini dipandang penting karena urgensi dimana saat ini Kepala Daerah beserta progres yang berkembang di daerahnya dapat disaksikan di berbagai jenis media massa.

“Kita mengenal kepala daerah di luar sana dengan perjalanan aktivitasnya dalam berbagai sudut pandang, didapat dari media. Jadi media itu sangat berperan penting, dimana kita bisa meng-update informasi perkembangan dan kemajuan suatu daerah. Begitu juga harapannya dengan para penggiat informasi di Babel, yakni para Pranata Humas,” tutur Bambang.

Selain Prahum, turut hadir dalam rapat Diskominfo Babel, Tim Komunikasi Gubernur Babel, serta para tenaga kehumasan lainnya.

 

Penulis           : Ernawati Arif (Prahum Disbudpar Babel)   

Updater          : Rafiq Elzan                        

Foto               : tribunnews.com

Sumber: 
Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Prov. Kep. Bangka Belitung