SD Laskar Pelangi

 
Hingga saat ini SD Muhammadiyah Laskar Pelangi masih menjadi magnet bagi kunjungan wisatawan ke Pulau Belitung. Meskipun bentuk bangunannya hanya sebuah bangunan papan yang sudah reyot dan di sana sini terlihat dinding papan yang bolong - bolong, namun kekuatan novel dan film SD Muhammadiyah Laskar Pelangi terbukti bisa menjadikan bangunan reyot ini magnet bagi wisata di Belitung.
 
Waktu tempuh menuju replika SD Muhammadiyah Laskar Pelangi dari Bandara HAS Hanandjoeddin Kota Tanjung Pandan Kabupaten Belitung dapat dicapai dalam 1 jam. Terletak di Desa Lenggang Kec.Gantung-Belitung Timur, kawasan ini berada pada koordinat GPS : -2.96345, 108.1529. Tempat ini dibuka sepanjang waktu dari pagi hingga sore hari. Untuk masuk kesana wisatawan hanya dikenakan biaya sebesar Rp.5.000,-/orang.
 
 
SD  Laskar Pelangi yang ada saat ini adalah sebuah replika dari SD Muhammadiyah  yang saat ini telah berganti nama menjadi MTS Muhammadiyah, yang letaknya tidak jauh dari replika ini. Bangunan ini mempunyai daya tarik tersendiri, karena dibangun diatas Pasir putih yang halus  yang di tumpuk sehingga menjadi bukit kecil tempat berdirinya SD Laskar Pelangi.
 
Untuk menuju ke SD Muhammadiyah Laskar Pelangi tidaklah sulit. wisatawan bisa menggunakan jasa rental mobil di Belitung dengan biaya sekitar Rp. 500.000/hari (termasuk sopir dan BBM). Ada hal yang menarik mengapa replika SD Muhammadiyah Laskar Pelangi ini begitu di lestarikan, yang pertama adalah sebagai daya  tarik wisatawan yang ingin melihat langsung lokasi pembuatan film Laskar Pelangi. Yang kedua adalah sebagai cermin serta inspirasi bagi kita bahwa dengan kondisi sekolah yang reyot seperti ini ternyata mampu membuat siswa - siswanya sukses, tergambar dari kesuksesan Andrea Hirata dalam karir dan karyanya.
 
Saat ini SD Laskar Pelangi sudah dikembangkan hingga memberikan kenyamanan bagi wisatawan yang berkunjung, seperti lahan parkir yang lebih luas dan teratur, toilet, dan jejeran warung makan sehingga wisatawan yang datang dapat dengan mudah membeli makanan maupun minuman dan dapat berlama-lama dan bersantai berkunjung ke sini.
 

Penulis: Jenny Rizal
Editor: Rusni B
Photo: Mayumi Sano, Rusni Budiati

Destinasi Lainnya

Bangka Belitung, Culinary
Kota Pangkalpinang, Culture and Arts
Beach/Marine, Kabupaten Bangka Tengah
Beach/Marine, Kabupaten Bangka Barat
Nature, Kota Pangkalpinang, Culture and Arts

Destinasi Terkait

Culture and Arts, Kabupaten Belitung, Kabupaten Belitung Timur
Culture and Arts, Kabupaten Belitung Timur
Culture and Arts, Kabupaten Belitung Timur
Culture and Arts, Special Interest, Kabupaten Belitung Timur
Culture and Arts, Kabupaten Belitung Timur