Sedekah Kampung Kacung

Kacung adalah sebuah desa berjarak 57 Km dari ibukota Kabupaten Bangka Barat Propinsi Kepulauan Bangka Belitung. Desa Kacung dengan penduduk asli "Ketapik" dalam wilayah Kecamatan Kelapa terletak dilintasan jalan raya Pangkalpinang Muntok dan begitu strategis mudah.

Kehidupan masyarakat desa Kacung terdiri dari petani dan sebagai mata pencaharian tahunan sebagai Pemusung (mengambil) madu manis dan madu pahit atau disebut madu pelawan, disamping itu pada musim penghujan masyarakat panen jamur (kulat) pelawan yang khas. Lebih dari itu masyarakat desa mempunyai keterampilan anyam-anyaman dari daun mengkuang dan kopiah resam.

Kesenian daerah Kacung telah tumbuh dan berkembang yaitu seni budaya Campak, Dambus, Rodad dan Pencak Silat.

Upacara Adat Taber Kampung Kacung

Pada bulan Dzulhijah taber kampong dilaksanakan setiap tahun sehabis hari raya idul adha, bertepatan dengan musim panen padi huma (lading). Pelaksanaan upacara dipimpin oleh sesepuh adat Suku Ketapik Kacung Bapak Rasidi dan dukun kampong Kacung Bapak Supardi.

Waktu dan Tempat Pelaksanaan upacara

Malam hari dan siang hari :

Malam hari dirumah kediaman sesepuh Kampong
Malam hari dirumah kediaman dukun kampong

Jenis -jenis upacara sebagai berikut :


Pada Malan hari
Dikediaman sesepah Suku Ketapik acara selamatan (do'a selamat)

dipimpin oleh pemuka agama islam (penghulu kampong) sehabis sholat magrib. Kemudian sehabis sholat isya acara pembacaan kitab Al-Barzanji dilanjut dengan mengumandangkan lagu-lagu rodat diiringi dengan tabuhan gendang saling bergantian antara bapak-bapak dan ibu-ibu hingga menjelang subuh. Acara ini disebut "Mengasuh Kembang Telok"

Mengasuh Kembang Telok

Dimana telor ayam yang dicelup dengan tepung berwarna merah, hijau dan kuning dan dihiasi dengan bunga kertas yang berwarna-warni lalu diletakkan diatas dulang yang telah tersedia pohon pisang atau pohon rumbia sebagai tempat menusuk telur-telur yang tersusun begitu hindah.

Kediaman Dukun Kampuag Kacung

Masyarakat Kampong berbondong-bondong untuk berobat secara jampi-jampian, ada yang berupa air penawar dan pinang rajah. Malam itu juga sang dukun menaber kampong sebagai tolak balak dari gangguan roh jahat pada tahun mendatang.

Acara siang hari

Tempat kediaman sesepuh Kampong Suku Ketapik Kacung
Acara penyambutan tamu kehormatan
Arak-arakan
Hataman Al-Uuran di masjid
Acara menganggung/makan bersama

 

Penyambutan Tamu Keharmatan

Tamu kehormatan bapak Gubernur Bangka Belitung dan bapak Bupati Bangka Barat disambut upacara pencak silat dengan diiringi tabuhan gendang dan gong serta dihambur dengan beras kunyit sebagai ungkapan selamat datang dan terhindar dari mara bahaya.

Arak-arakan

Arak-arakan dengan kendaraan hias terbuat dari sepeda bernama Sado, tamu kehormatan bapak Gubernur dan Bupati Bangka Barat duduk didalam kendaraan hias berupa rumah adat diarak keliling kampong diikuti undangan lain dengan berjalan kaki, kemudian menuju masjid dengan tabuhan gendang hadrah.

Hataman Al-Quran

Tamu kehormatan dan seluruh undangan duduk didalam masjid pada tempat yang telah disediakan mengelilingi kembang telok dan para peserta hataman al-quran.

Nganggung Sepintu Sedulang

Setelah selesai pembacaan ayat-ayat suci al-quran oleh peserta hataman dilanjutkan dengan pembacaan doa hataman dan ditutup dengan doa selamat. Kemudian tamu kehormatan dan para undangan dipersilahkan menikmati makan-makanan khas sedekah kampong Kacung dari ketupat lepat, dodol dan jaudah lainnya.

 

Acara Silaturahim

Pada hari tersebut masyarakat kampong Kacung tumpah-ruah dalam kegembiaraan menyambut tetamu serta sanak keluarganya yang datang dari luar. Untuk menyemarakkan acara sedekah kampung suara hingar-bingarnya orkes dangdut memecahkan telinga mengiringi anak-anak muda berjoget sampai sore hari.

Destinasi Lainnya

Bangka Belitung, Culinary
Kota Pangkalpinang, Culture and Arts
Beach/Marine, Kabupaten Bangka Tengah
Beach/Marine, Kabupaten Bangka Barat
Nature, Kota Pangkalpinang, Culture and Arts

Destinasi Terkait

Culture and Arts, Kabupaten Bangka Barat
Culture and Arts, Kabupaten Bangka Barat
Culture and Arts, Kabupaten Bangka Barat
Bangka Belitung, Culture and Arts, Heritage, Kabupaten Bangka Barat