Selamat, Agung & Dilla Sebagai Duta Wisata Babel 2018!

Pangkalpinang – Agung Nugraha dan Dilla Augustine Kolina asal Bangka Selatan keluar sebagai pemenang Duta Wisata Provinsi Kepulauan Bangka Belitung 2018. Sementara Bagas Soripada Siregar dan Elivia Dita Hanatalia asal Bangka Tengah sebagai Runner Up.

Demikian yang diumumkan oleh pembawa acara pada malam grand final Duta Wisata Provinsi Kepulauan Bangka Belitung 2018 yang dilangsungkan di Hotel Bangka City, Sabtu malam (29/9/2018).

Gubernur Kepulauan Bangka Belitung diwakili Wakil Gubernur, Abdul Fatah berpesan agar Duta Wisata dapat menjalankan tugas dan perannya dengan sebaik-baiknya.

“Siapa pun Duta Wisatanya, agar dapat memahami tugas yang diemban. Jadikan ajang ini sebagai suatu wadah realisasi diri sebagai generasi muda yang memberikan manfaat bagi banyak orang, khususnya dalam hal ini bidang pariwisata,” kata Abdul Fatah.

Abdul Fatah melanjutkan, bahwa perkembangan dan kemajuan pariwisata Bangka Belitung saat ini kian membutuhkan praktisi pariwisata yang mumpuni.

“Perkembangan pariwisata di Indonesia kian maju dengan pesat. Hampir di setiap daerah di Indonesia memiliki dan menawarkan berbagai potensi pariwisata yang menarik. Untuk itu kita membutuhkan para praktisi pariwisata untuk menggiatkan pariwisata Bangka Belitung,” lanjutnya.

Hal tersebut, tambah Abdul Fatah, berkaitan erat dengan strategi promosi pariwisata yang dilakukan.

“Pentingnya peran para pelaku pariwisata untuk menerapkan strategi promosi yang tepat agar seluruh kegiatan pariwisata yang diselenggarakan oleh pemerintah bisa mencapai target dan meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan, baik nusantara mau pun mancanegara,” tambahnya.

Senada dengan hal di atas, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Disbudpar Babel), Rivai juga mengatakan bahwa Duta Wisata sebagai salah satu praktisi pariwisata berperan menggaungkan kepariwisataan Bangka Belitung.

“Generasi muda juga memiliki peran dalam pembangunan pariwisata daerah, tentu saja sesuai dengan porsi dan kapasitasnya. Duta Wisata juga dikatakan sebagai praktisi pariwisata, karena sebagai Duta Wisata mereka memiliki tanggung jawab dan peran kepariwisataan yang harus ditunaikan, dalam rangka mempromosikan pariwisata Bangka Belitung,” kata Rivai.

Selain Juara 1 dan Runner Up, juga ada juara atribut Duta Wisata Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Ada pun para finalis yang meraih juara atribut, antara lain juara atribut Fotogenic diraih oleh Ihzam Febriansa (Bangka) dan Elivia Dita Hanatalia (Bangka Tengah), Best Performance diraih oleh Agung Nugraha (Bangka Selatan) dan Pradini (Bangka), Berbakat diraih oleh Anjani Pribadi (Bangka) dan Chaterine (Bangka), Best Presentation diraih oleh Bagas Soripada Siregar (Bangka Tengah) dan Dian Nur Anisa (Belitung Timur), serta Intelegensia diraih oleh Riyadi Pratama (Kota Pangkalpinang) dan Iptah (Kota Pangkalpinang).

 

Penulis   : Ernawati Arif (Pranata Humas Disbudpar Babel)

Foto        : Rafiq Elzan